Rabu, 01 April 2009

Ribuan Prajurit Kodam Naik Pangkat

Komandan Brigif-1 Marinir, Kolonel Marinir K. Situmorang memberikan ucapan selamat dengan salam komando kepada seorang perwira yang naik pangkat.

1 April 2009, Surabaya - Sebanyak 3.306 prajurit, terdiri atas 185 perwira, 2.401 bintara dan 720 tamtama di lingkungan Kodam V/Brawijaya naik pangkat.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Soewarno yang memimpin upacara pelaporan kenaikan pangkat perwira menengah di Surabaya, Rabu mengemukakan, pangkat yang baru disandang prajurit itu bukan merupakan hadiah.

"Kenaikan pangkat itu melalui proses yang panjang karena harus memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Hal ini dapat dilihat dari jumlah prajurit yang diajukan naik pangkat, ternyata tidak semuanya dianggap memenuhi syarat," katanya.

Menurut mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) itu, Kodam V/Brawijaya sendiri memberlakukan beberapa persyaratan bagi prajurit yang akan naik pangkat, antara lain harus memiliki kesemaptaan jasmani dengan nilai tinggi.

"Hal ini dimaksudkan untuk memberikan dampak positif bagi anggota lainnya, agar berupaya memenuhi kriteria yang ditentukan. Ke depan, kenaikan pangkat tidak hanya dijadikan kegiatan rutin, namun merupakan peristiwa penganugerahan kehormatan dari negara," ujarnya.

Menurut dia, kenaikan pangkat adalah wujud penghargaan karena prestasi, dedikasi dan pengabdian terhadap tugas dan tanggug jawab yang diemban seorang prajurit.

Ia berharap, agar prajurit yang naik pangkat selalu meneguhkan tekad dan semangat dalam melaksanakan segala tugas dan tanggung jawabnya sebagai prajurit TNI yang penu dengan resiko.

Sementara Komandan Brigade Infanteri (Brigif) 1 Marinir, Kolonel Marinir K. Situmorang pada saat yang sama menerima laporan kenaikan pangkat dua perwira, dari kapten menjadi mayor. Mereka adalah, Mayor Marinir Edi Prayitno dan Mayor Marinir Anjas Wicaksono.

Komandan Brigif-1 berharap, dengan kenaikan pangkat ini, hendaknya para perwira dapat lebih memahami tuntutan tugas dan tanggung jawab yang semakin besar sesuai dengan strata kepangkatannya.
(AntaraJatim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar