Jumat, 10 April 2009

PBB Anugerahi Penghargaan Untuk TNI di Kongo

'Monuc Medal' diberikan oleh PBB melalui sebuah upacara militer di camp Guasfor (Guatemala Special Forces) di Buni, Kongo. puspen tni

11 April 2009, Jakarta -- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menganugerahi "Monuc Medal" bagi Kontingen Garuda (Konga) XX-F/Monuc, karena berhasil melaksanakan misi perdamaian PBB di Kongo, selama enam bulan bertugas di wilayah tersebut.

Pemberian anugerah "Monuc Medal" itu dilakukan dalam upacara militer di camp Guasfor (Guatemala Special Forces) di Bunia, Kongo, Jumat, dipimpin Komandan Brigade Ituri Brigadir Jenderal Fachrudin Khaidir didampingi Komandan Kontingen Guatemala Kolonel Jorge Enrique Lopez Juarez dan Komandan Satuan Tugas Kontingen Garuda XX-F/Monuc-Mayor Czi Sugeng Haryadi Yogopranowo.

Perwira Penerangan Konga XX-F/Monuc dalam surat elektronik yang diterima ANTARA di Jakarta, Kapten Inf Leo Sugandi mengemukakan, Bintang Kehormatan Monuc diberikan kepada personel militer PBB yang telah melaksanakan tugas minimal enam bulan tanpa cacat di Negara Republik Demokratik Kongo.

Tanda Jasa Monuc memiliki karakteristik khas dengan dua pita berwarna biru khas PBB yang melambangkan kehadiran PBB di Kongo. Di sebelah dalam dari dua pita biru PBB terdapat dua pita lain berwarna kuning yang melambangkan terbitnya perdamaian dan kemakmuran di Kongo.

Sebuah pita biru tua di tengah-tengah Bintang Kehormatan melambangkan "Sungai Kongo" sebagai simbol persatuan bagi seluruh rakyat negri yang dulunya bernama Zaire itu.

Brigjen Khaidir menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kontingen Indonesia atas dedikasinya melaksanakan mandat PBB membangun infrastruktur yang memiliki nilai strategis seperti pembangunan dan perawatan bandar udara.

Dedikasi lainnya kontingen Indonesia adalah pembangunan dan perawatan rute-rute utama pengerahan personel dan penyaluran suplai logistik, pembuatan kantor, markas maupun Kamp baru bagi kontingen dan staf Monuc, pembangunan lokasi DDRRR
(Disarmament, Demobilization, Repatriation, Resettlement, Reintegration) dan fasilitas lainnya yang secara tidak langsung berdampak positif pada pergerakan roda perekonomian di Kongo.

Kompi Zeni TNI Konga XX-F beranggotakan 174 personel merupakan bagian dari 17.000 pasukan penjaga perdamaian PBB di Kongo atau Monuc (Mission de l`Organisation des Nations Unies en Republique Democratique du Congo).(ANTARA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar