Sabtu, 18 April 2009

PBB Apresiasi Peran TNI di Lebanon


19 April 2009, Beirut -- Markas Besar Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB di Lebanon Selatan (UNIFIL) menyampaikan apresiasi kepada Kontingen TNI yang bertugas di Lebanon Selatan, demikian Komandan UNIFIL Mayjen Claudio Graziano kepada Panglima Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Lili Suparmono di Beirut, Sabtu kemarin.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (AL) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul yang ikut dalam pertemuan tertutup UNIFIL dan TNI mengatakan, UNIFIL sangat berterimakasih kepada TNI karena berhasil mendukung misi perdamaian PBB di Lebanon Selatan.

"UNIFIL juga meminta Kontingen TNI tetap menjalankan tugas dan wewenang sebagai bagian dari UNIFIL, sesuai aturan yang berlaku dan tetap menjaga hubungan baik dengan kontingen lain yang tergabung dalam UNIFIL," ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Force Head Quarter Support Unit (FHQSU) UNIFIL Kolonel TNI Saud Tamba Tua, mengatakan, saat ini 1.245 pesonel TNI bergabung dalam misi perdamaian PBB di Lebanon Selatan.

"Total anggota UNIFIL sekitar 13.000 personel dari 28 negara. Ini merupakan misi perdamaian PBB dengan gelar kekuatan terbesar dibanding misi perdamaian PBB lainnya di wilayah lain di dunia," paparnya.

Selain pasukan di darat, PBB juga membentuk Satuan Tugas Maritim (Maritime Task Force/MTF) UNIFIL yang terdiri dari beberapa kapal perang dari enam negara, termasuk Indonesia, untuk mengamankan wilayah perairan Lebanon.
(Antara)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar