Rabu, 01 April 2009

ABK KRI Diponegoro-365 Kunjungi India Naval School


2 April 2009, Cochin -- Sehari setelah merapat di pelabuhan Cochin, India, ABK KRI Diponegoro-365 dengan Komandan Letkol Laut (P) Arsayad Abdullah yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritime Task Force Kontingen Garuda XVIII-A/UNIFIL mengadakan kunjungan ke Sekolah Angkatan Laut India khususnya ke Navigation School dan Signal School.

Sebanyak 25 personel baik Perwira, Bintara maupun Tamtama turut serta dalam kunjungan tersebut yang dipimpin langsung oleh Kepala Departemen Operasi (Kadepops) Kapten Laut (P) Aminuddin Albert.

Sementara di saat yang bersamaan Angkatan Laut India juga mengirimkan personelnya yang terdiri dari Perwira Menengah dan Perwira Pertama untuk mengadakan kunjungan ke kapal tercanggih milik TNI AL ini yang disambut langsung Perwira Pelaksana (Palaksa) Mayor Laut (P) Seno Ario wibowo didampingi Kepala Divisi Peperangan Atas Air Kapten Laut (P) Lewis Nainggolan di geladak Helly.

Komandan KRI Diponegoro yang juga sekaligus Komandan Satuan Tugas MTF UNIFIL Letkol Laut (P) Arsyad Abdullah mengatakan bahwa kunjungan tersebut dilaksanakan untuk membangun tali silaturahmi/hubungan yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang antara TNI AL dengan Angkatan Laut India.

Sementara Pimpinan rombongan TNI AL Kapten Laut (P) Aminudin Albek usai kunjungan mengatakan bahwa apa yang disaksikannya di India Naval School khususnya Navigation Direction dan Signal School semua fasilitas yang ada disana lengkap, mulai dari yang tingkat dasar sampai dengan yang tingkat advance. Mereka menggunakan fasilitas yang sanagat sederhana/tidak mahal tetapi tujuan latihan terpenuhi dengan pengelolaan yang sangat profresional.

Menurutnya itulah point penting yang perlu dilaksanakn di Indonesia. Jangan lagi ada anggapan bahwa semua bisa professional dengan biaya tinggi. Tetapi kita lihat esensi dari latihan itu dengan menggunakan fasilitas yang sudah ada.

Ia mengharapkan fasilitas yang ada di Indonesia bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga kedepan Indonesia juga bisa mendatangkan siswa dari luar untuk belajar di Indonesia seperti halnya India. Saat ini ada 4 orang siswa TNI AL berpangkat Kapten dan Lettu yang sedang mengikuti pendidikan di India yang akan berakhir bulan depan (April).

Sementara hal yang sama juga dilakukan perwira-perwira Angkatan Laut India dengan mengunjungi beberapa bagian KRI Diponegoro-365 antara lain Helly Bolkow 105, MCR (Machine Control Room), Engine Room, meriam 76, Anjungan, geladak Exocett dan beberapa bagian lainnya. (TNI AL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar