Senin, 09 Agustus 2010

Prajurit Unsur Satfib Latihan Pengoperasian SPP


09 Agustus 2010, Surabaya -- Sebanyak 130 prajurit di jajaran unsur Satuan Kapal Amfibi Komando Armada RI Kawasan Timur (Satfib Koarmatim) mengikuti latihan teori pengoperasian Sekoci Pendarat Pasukan (SPP) dan perahu karet di Gedung Serba Guna Satfib Koarmatim Ujung, Senin (9/8).

Latihan yang akan berlangsung selama sepekan ini, para peserta dibekali dengan teori dan praktek tentang latihan teknis dan taktis baik untuk perorangan maupun Tim. Adapun materi latihn yang diberikan meliputi, pengoperasian dan pengawakan sekoci dan perahu karet. Mengatasi troble shoting pada sekoci dan perahu karet. Introduksi operasi amfibi. Komunikasi Gerakan Kapal Ke pantai (GKK). Prosedur GKK. Perencanaan GKK. Organisasi dalam operasi amfibi. Perawatan SPP. Mengatasi permasalahan mesin SPP. Manuvra SPP dan sekoci serta perahu karet.

“Tujuan latihan ini, yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit unsur Satfib Koarmatim dalam hal pengetahuan tentang pengeporasian sekoci pendarat pasukan (SPP) dan perahu karet secara terpadu dari kapal-kapal menuju ke pantai dalam mendukung operasi amfibi, sehingga mampu melaksanakan fungsi dan peran TNI AL, “kata Komandan Satfib Koarmatim Kolonel Laut (P) Achmadi Heri Purwono. Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam latihan ini, lanjut Komandan Satfib Koarmatim, yaitu para prajurit memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang latihan terpadu pengeporasian sekoci pendarat pasukan (SPP) dan perahu karet dalam operasi amfibi. Mampu bertindak sebagai pengendali dan pelaksana GKK dalam operasi amfibi dengan baik sesuai prosedur. Mampu bertindak sebagai pengendali dan pengawak perahu karet secara baik sesuai prosedur. Mampu melaksanakan manuvera taktis dan memelihara serta meningkatkan kemampuan dasar prajurit sesuai dengan tugasnya.

Dispenarmatim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar