Sabtu, 21 Agustus 2010

KRI Teluk Amboina-503 Angkut Satgas Pamrahwan Ambon


22 Agustus 2010, Jakarta -- Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Teluk Amboina-503 mengangkut pasukan Yonif 125/Belawan kembali ke pangkalan induk di Belawan usai melaksanakan penugasan di Ambon, Pulau Saumlaki, Pulau Kisar, Pulau Wetar dan Pulau Lirang yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan daerah rawan (Satgaspamrahwan) Ambon dan direncanakan Minggu ini tiba di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.

KRI Teluk Amboina-503 dengan Komandan Letkol Laut (P) Desmon Hermono Kusumo telah menempuh perjalanan lintas laut selama kurang lebih satu bulan sejak tolak dari Pangkalan Padang melaksanakan tugas pergeseran pasukan dengan menempuh route pelayaran Padang – perairan Jakarta – perairan Makasar – Perairan Ambon dan menurunkan pasukan pengamanan perbatasan di Ambon dalam rangka pergantian personel Satgas pengamanan daerah rawan dengan pasukan dari Yonif 133/Padang .

Usai melaksanakan kegiatan embarkasi personel Yonif -133/Padang dan debarkasi personel Yonif 125/Belawan yang tergabung dalam pengamanan daerah rawan (Pamrahwan), selanjutnya meneruskan pelayaran menuju perairan Kupang – perairan Makasar – perairan Jakarta – Pangkalan Belawan dan melaksanakan perbekalan di Pangkalan Utama Angkatan Laut di Kupang.

Selama melaksanakan kegiatan lintas laut, sepajang route pelayaran yang dilalui KRI Teluk Amboina -503 melaksanakan tugas asasinya sebagai salah satu unsur TNI AL yang hadir di Perairan kawasan dengan melaksanakan kegiatan patroli keamanan laut. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pendeteksian dan pemeriksaan serta penindakan terhadap para pengguna jalur lalu lintas laut diantaranya terhadap kapal-kapal niaga maupun kapal-kapal ikan di kawasan sepanjang route operasi.

Kehadiran KRI Teluk Amboina – 503 di kawasan perairan sepanjang route kegiatan operasi, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan dapat memberikan dampak penangkalan terhadap berbagai kemungkinan bentuk pelanggaran hukum di laut.

Kapal perang jenis kapal angkut Tank (AT) buatan Jepang yang diawaki oleh 71 personel ini sehari-harinya dibawah pembinaan Satuan Lintas laut Militer (Satlinlamil ) Jakarta. Kapal perang tersebut saat ini dikomandani Letkol Laut (P) Desmon Hermono Kusumo, salah seorang perwira lulusan Akademi Angkatan laut angkatan ke-39 tahun 1993. KRI Teluk Amboina dengan nomor lambung -503 saat ini memiliki kemampuan jelajah sampai dengan 8 knot atau 8 mil per jam.

Dispenkolinlamil/Pos Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar