Minggu, 29 Agustus 2010

KRI Frans Kaisiepo-368 Manlap di Laut Jawa


29 Agustus 2010, Surabaya -- Latihan Posko (Pos dan Komando) Penyiapan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII.B yang berlangsung selama dua pekan ini telah berakhir dan di tutup dalam upacara militer oleh Wakil Asops Panglima TNI Laksamana TNI Stevanus Budiono di Gedung Pusat Latihan Operasi Laut Kolatarmatim Ujung Surabaya, Kamis (26/8).

Selanjutnya KRI Frans Kaisiepo-368 sebagai unsur yang terlibat dalam Satuan Tugas Maritime Task Force (MTF) Kontingen Garuda XXVIII.B United Nation Interm Force In Lebanon / UNIFIL ini, telah melaksanakan manuvra lapangan (Manlap) di Laut Jawa.

Dalam latihan ini selain KRI FKO-368 juga melibatkan Helly BO, Pesud dan satu buah kapal perang yang setipe yaitu KRI Sultan Iskandar Muda-367. Kedua kapal Perang tersebut dari jenis Sigma Klas Korvet Belanda yang masuk Jajaran Satuan Kapal Eskorta Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), bertolak dari Dermaga Madura Ujung Surabaya, belum lama ini, Kamis (26/8).

Manlap yang dilaksanakan di sekitar Laut Jawa ini, bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan personel serta sekaligus mengecek kesiapan teknis semua peralatan yang digunakan sehingga dapat dicapai kemampuan sesuai yang dipersyaratkan.

Selama manlap yang berlangsung dua hari ini, kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, peran–peran, Medevac, RAS, Damage Control, Boarding Party, Gunex, Helly’s Patern(siang dan malam) dan EMU, RAS / Jackstay, VERTREP dan MIO dan BOARDING PARTY. KRI FKO-368 yang di Komandani oleh Lekol Laut (P) Wasis Priyono ini membawa 100 orang personel, selain mereka ABK KRI juga terdapat beberapa tim pendukung diantaranya: dari SATKOPASKA TNI AL , Dokter, paramedis (bakes), dan perwira penerangan. Menurut rencana, Satgas Maritim TNI Konga XXVIII.B UNIFIL ini akan bertolak ke Lebanon pada pertengahan bulan September mendatang. ”Dalam kegiatan latihan manlap tersebut diharapkan mampu menambah pengetahuan dan wawasan dalam membekali personel satgas sehingga berguna untuk mendukung pelaksanaan tugas di medan yang sesungguhnya,”kata Komandan KRI FKO-368 menegaskan.

Dispenarmatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar