Selasa, 28 Desember 2010

AL Filipina Akan Beli 7 Kapal Perang pada 2011


12 Desember 2010 -- Angkatan Laut Filipina berencana mengakuisisi tujuh kapal perang tahun depan guna memperbaiki operasional dan meningkatkan kemampuan angkatan laut.

Kapten Giovanni Bacordo juru bicara AL saat diwawancarai The Philippine Star, mengatakan AL mengajukan pembelian tiga kapal jenis OPV, tiga jenis kapal serbu dan satu Landing Craft Utility (LCU) pada 2011.

Kapal serbu akan digunakan membawa pasukan saat operasi tempur, harga perkapal 89 juta peso. Sedangkan, LCU sebagai sarana angkut pasukan dan logistik dianggarkan 178 juta peso.

Kapal patroli digunakan patroli di fasilitas gas alam lepas pantai Malampaya di Palawan, sedangkan harga kapal belum diketahui.

Saat ini, AL Filipina mempunyai tiga kapal serbu, dua ditempatkan di bagian Barat Mindanao dan satu di Palawan serta tiga LCU, tetapi tidak memiliki OPV.

Pembelian kapal jenis multi-role vessel tergantung pada ketersediaan anggaran, dan masih tetap menjadi prioritas AL. Harga kapal jenis ini diperkirakan 5 milyar peso, sudah direncanakan sejak 2007 tetapi terbentur anggaran. Anggaran AL hampir 70 persen untuk gaji prajurit sedangkan sisanya biaya perawatan dan operasi. Kapal jenis ini dapat digunakan membantu korban bencana alam dan misi kemanusian serta beroperasi ke wilayah yang jauh.

The Philippine Star/Berita HanKam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar