Jumat, 01 Oktober 2010

Kampung Kuta (Kabupaten Ciamis)

Lokasi: Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis

Batas Wilayah: utara; Desa Cibodas, selatan; Sungai Cijulang, Timur; Sungai Cijulang, barat; Dusun Margamulya, Jarak Kampung kuta dari Ciamis sekitar 34 km kea rah utara.

Sekilas: Kampung ini berada di lembah curam sedalam 75 meter, dikelilingi tebing dan perbukitan. Berdasarkan dongeng buhun, asal usul Kampung Kuta adalah Kuta Pandak yang batal menjadi ibu kota Kerajaan Galuh. Nama lain kampung ini adalah Kuta Jero.

Masyarakat Kampung Kuta sangat menjaga hutan keramat. Jika ada warga yang meninggal dunia akan dimakamkan di Cibodas. Seluruh penduduk Kampung Kuta beragama Islam. Masyarakat Kuta sangat kuat kepercayaannya terhadap mahluk gaib dan tabel (tempat-tempat keramat).

Beberapa tempat yang dikeramatkan yaitu Leuweung Gede (Leuweung Karamat), Gunung Wayang, Gunung Pandai Domas/Gunung Tahanan, Gunung Barang, Gunung Batu Goong, dan Ciasihan. Warga Kampung Kuta juga mendasarkan beberapa kegiatan atau keperluan pada hari baik dan hari buruk dan memilki beberapa aturan adat atau tabu yang harus ditaati. (Pikiran Rakyat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar