Selasa, 15 Juni 2010

Kasad Tinjau Latma Garuda Shield 2010

(Foto: AP)

16 Juni 2010, Bandung -- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta meninjau latihan bersama Garuda Shield 2010 di Pusdikif Cipatat, Bandung, Selasa (15/6).

Latihan bersama ini diikuti oleh Angkatan Darat tujuh negara yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Thailand, Filipina, Bangladesh, Brunai Darussalam, dan Nepal; dengan materi latihan Gladi Posko, Gladi Lapang, dan Latihan bantuan kemanusiaan, akan berlangsung 12 hari; tulis Dispenad dalam siaran persnya.

Dalam pengarahannya Kasad menegaskan, Latihan Bersama Garuda Shield 2010 diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas peserta latihan sesuai standar PBB atau Standard Generic Training Module (SGTM), meningkatkan interoperability di antara peserta latihan, dan menyiapkan sarana capacity building bagi negara pengirim pasukan PBB atau Troop Contributing Countries (TCC), serta meningkatkan hubungan antarnegara peserta latihan.

Menurut Kasad, pengalaman mengikuti latihan ini, akan memberikan pemahaman dan keseragaman bagi peserta latihan dalam pelaksanaan operasi pemulihan keamanan PBB. Perlu disadari bahwa, menjadi pasukan perdamaian PBB, merupakan kehormatan bagi seorang prajurit. Oleh karenanya ikuti seluruh materi latihan ini dengan baik, serta tanyakan bila ada segala sesuatu yang belum dimengerti. Ciptakan suasana persahabatan dan kebersamaan, serta tingkatkan rasa saling pengertian antarprajurit Angkatan Darat peserta latihan, katanya.

Jenderal bintang empat itu meminta peserta untuk melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, dengan selalu memperhatikan faktor keamanan, baik keamanan personel maupun materiil serta manfaatkan latihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan militer. Perlu disadari, meskipun selama pelaksanaan latihan sering dijumpai berbagai kekurangan, namun hendaknya hal tersebut jangan menjadi alasan untuk tidak melakukan latihan dengan baik. Lakukan inovasi yang cerdas guna mengoptimalkan pelaksanaan latihan agar mencapai sasaran yang telah ditentukan, pintanya.

Pelita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar