Kamis, 11 Juni 2009

Posal Buru Lakukan Deteksi Kapal-Kapal Yang Linla di ALKI-III


12 Juni 2009 -- Pos Pengamat merupakan ujung tombak terdepan TNI AL dalam upaya penegakan hukum di laut. Meski masih tergolong baru dengan keterbatasan sarana pendukungnya, selama bulan Mei 2009 Posal Buru telah berhasil melaksanakan pemantauan terhadap nelayan-nelayan disekitar desa binaanya baik para ABK maupun alat tangkap yang dipakai.

Selain itu kegiatan lain yang dilaksanakan Posal Buru antara lain memberikan sosialisasi peringatan dini tentang keselamatan dan keamanan dilaut berdasarkan pertimbangan cuaca di laut pada saat ini. Menurut Danposal Buru Letda Laut (P) Teguh Wiyono bahwa cuaca di pesisir Pulau Buru saat ini tidak menentu berkaitan dengan musim panca roba.

Kegiatan Patroli Keamanan Laut (Kamla) juga belum dapat dilaksanakan secara maksimal, mengingat keterbatasan sarana Patroli dan bahan bakar, sehingga Patroli hanya dapat dilaksanakan pada daerah sekitar Posal dengan memanfaatkan sarana yang ada, namun dengan menggunakan sarana yang ada Posal Buru dapat mendeteksi kapal-kapal yang melintas di perairan Buru. Ada beberapa kapal yang terdeteksi oleh Posal Buru selama bulan Juni yaitu kapal Cargo sebanyak 10 kapal, kapal Tanker 6, kapal barang 2 dan LCT 2 kapal.

(Pen Lantamal IX)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar