Selasa, 16 Juni 2009

AL Australia Dan Koarmatin Gelar Latihan Bersama

HMAS Manoora. (Foto: navsource.org)

17 Juni 2009, Surabaya -- Angkatan Laut Australia dengan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) mengadakan latihan bersama dengan sandi “New Horizon Exercise-09”. Latihan bersama dibuka Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI RM. Harahap di KRI Surabaya-591 yang bersandar di Dermaga Ujung, Surabaya, Selasa (16/6).

Dari pihak Angkatan Laut Australia dipimpin Komandan HMAS Manoora (L-52) Letkol Stepen Dryden dengan didampingi beberapa perwira stafnya, yang tadi pagi telah merapat di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

HMAS Manoora (L-52) adalah kapal perang jenis Landing Platform Amphibious Ship. Kapal negeri Kangguru dengan panjang 159,2 meter, lebar 21,2 meter serta berbobot 8534 ton tersebut akan berada di Surabaya mulai 16 Juni hingga 22 Juni 2009 (selama 7 hari) untuk melaksanakan latihan fase pertama di pangkalan. Latihan tersebut meliputi : Communications, Enginneering, Cargo Handling, Medical, Damage Control, Boarding VBSS, dan Hello Operation Procedures.

Selanjutnya pada 22 Juni 2009 pukul 09.00 wib HMAS Manoora akan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju laut Jawa untuk melakukan latihan fase kedua yakni manuver lapangan sebagai penerapan latihan yang telah dilaksanakan di pangkalan sebelumnya. Pada manuver lapangan ini, TNI AL dari jajaran Koarmatim mengerahkan kapal dari jenis yang sama dengan kapal perang Australia jenis Landing Platform Dock, yakni KRI Surabaya-591.

Menurut Komandan KRI Karel Satsuitubun-356 selaku Komandan Satgas Latihan New Horizon Exercise-09 Kolonel Laut (P) Budi Djatmiko, latihan ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan kerjasama yang saling menguntungkan antara TNI AL dan AL Australia, sekaligus untuk melatih prosedur koordinasi dan interoperability, memupuk persahabatan dan kesepamahaman, sekaligus meningkatkan profesionalisme masing-masing prajurit.

Selama bersandar di Surabaya, Komandan kapal perang Australia didampingi staf Atase Pertahanan Australia melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Lili Supramono dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) Laksamana Pertama TNI Arief Rudianto.

Dispenarmatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar