Selasa, 23 Juni 2009

Vietnam Harapkan MoU Pertahanan

Frigate Project 11661 Gepard milik AL Viet Nam. (Foto: Happy Asian)

23 Juli 2009, Jakarta -- Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso menerima kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Vietnam Letnan Jenderal Senior, Nguyen Khac Nghien di Markas Besar TNI, Cilangkap, Senin (22/6).

Dalam pertemuan, Nguyen Khac menyampaikan keinginan perlunya nota kesepahaman (MoU) bidang Pertahanan untuk ditindaklanjuti militer kedua negara. Kesepahaman akan diimplementasikan dalam pendidikan dan latihan, patroli laut internasional dan bidang lain yang memungkinkan.

Khusus mengenai nelayan-nelayan Vietnam yang sering tertangkap melakukan penangkapan ikan di perairan RI, Panglima Vietnam meminta diperlakukan secara baik.

"Sudah seharusnya penyelesaian didasarkan pada semangat ASEAN," kata Nguyen Khac dalam siaran pers yang diterima redaksi.

Panglima TNI memahami usulan Nguyen Khac tersebut. Dia berjanji akan menindalanjuti melalui instansi terkait seperti Kementerian Koordinasi bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Departemen Kelauatan dan Perinakan, dan Badan Koordinasi Keamanan Laut.

JURNAL NASIONAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar