Senin, 22 Juni 2009

Bahas MoU, Pangab Vietnam Temui Panglima TNI

1 Juni 2009, Pulau Jeju -- SBY juga melakukan pertemuan bilateral dengan PM Vietnam, Nguyen Tam Dung di Hotel Shila, Pulau Jeju, Korsel. Pertemuan membahas masalah nelayan Vietnam yang masuk ke perairan Indonesia. (Foto: detikFoto/Abror Rizki/Setpres)

22 Juni 2009, Jakarta -- Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso siang tadi menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Vietnam, Senior Lieutenant General Nguyen Khac Nghien di Mabes TNI Cilangkap, Senin (22/6/2009).

Berdasarkan informasi dari Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi, kedatangan Pangab Vietnam untuk menyampaikan keinginan tentang perlunya MoU di bidang pertahanan antara militer kedua negara.

Sebagai tindak lanjut atas kunjungan hari ini, akan dilakukan kegiatan pertukaran kunjungan personel pendidikan dan latihan, patroli laut Internasional dan bidang-bidang lain yang memungkinkan.

Khusus mengenai nelayan-nelayan Vietnam yang sering tertangkap melakukan penangkapan ikan di perairan Republik Indonesia. Pangab Vietnam meminta agar mereka diperlakukan secara baik dan penyelesaian kasusnya didasarkan pada semangat ASEAN.

Permintaan dan imbauan Pangab Vietnam dapat dipahami Panglima TNI maupun Menhan RI yang selanjutnya akan ditindak lanjuti melalui pejabat terkait seperti Kemenkopolhukam, Kementerian Kelautan, Perikanan dan Bakorkamla.

Pangab Vietnam dalam kunjungannya didampingi Dubes Vietnam. Sedangkan Panglima TNI didampingi Kasad Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo, Kasal Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, Kasau Marsekal TNI Subandrio, Kasum TNI Laksdya TNI Y. Didik Heru Purnomo, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Anshory, Kapuspen TNI Marsda TNI Sagom Tamboen dan Athan RI di Hanoi Kolonel Inf Zulverdi Junin.

okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar