Minggu, 28 Juni 2009

India Akan Terima 3 Frigate Krivak Pada 2012

INS Tabar. (Foto: indiannavy.nic.in)

28 Juni 2009 -- Rusia membangun tiga kapal frigate kawal rudal kelas Krivak IV Project 11356 untuk Angkatan Laut India di galangan kapal Yantar di Baltik, Kaliningrad, Rusia. Ketiga kapal tersebut bagian dari kontrak senilai USD 1,6 milyar, ditandatangani Juli 2006.

Batas waktu kontrak tahun 2012, jadwal penyerahan tidak tertunda sesuai pernyataan direktur galangan kapal Yantar Igor Orlov di IMDS ke-4 di St. Petersburg, Jumat (26/6).

Delegasi resmi militer India dipimpin wakil KASAL India Laksamana Madya Raman P. Suthan berkunjung ke galangan kapal Yantar Oktober 2008, mengatakan puas dengan kemajuan dan kualitas konstruksi.


INS Trishul. (Foto: indiannavy.nic.in)

Sebelumnya di tahun 2004, Rusia terlambat mengirimkan tiga frigate kelas Krivak, INS Talwar, INS Trishul dan INS Tabar ke India. Tiga frigate baru dipersenjatai dengan 8 sistem rudal jelajah supersonik anti kapal BrahMos, bukan sistem rudal Club-N/3M54TE yang dipasang pada tiga frigate sebelumnya.

Frigate kelas Krivak berbobot 4000 ton, mampu dipacu hingga 30 knot, serta dapat melakukan suatu misi maritim berjangkauan luas , terutama memburu dan menghancurkan kapal perusak berukuran besar serta kapal selam.

RIA Novosti/@info-terkumpul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar