Selasa, 30 Juni 2009

Pelajaran Crash Team di Lanud Supadio

Para personel mempraktekkan secara langsung cara-cara memberikan pertolongan kepada awak pesawat yang mengalami accident. (Foto: pentak lanud supadio)

1 Juni 2009, Pontianak -- Sebanyak 95 orang personel yang tergabung anggota Lanud Supadio dan Batalyon 465 Paskhasau mendapat pembekalan teori dan praktek tentang pertolongan pertama pada awak pesawat yang mengalami accident di Hanggar Lanud Supadio, Senin, (29/6).

Sebagai seorang prajurit dituntut untuk mampu mengetahui dan mempraktekkan secara langsung dalam menolong awak pesawat yang mengalami accident.“Sebenarnhya tugas tersebut telah dibebankan oleh tim SAR dari Batalyon 465 Paskhas, namun demikian setiap anggota setidaknya mengetahui cara-cara yang tepat dan benar dalam menolong awak pesawat,” jelas Danlanud Supadio Kolonel Pnb Yadi Indrayadi disela-sela kegiatan.

Dengan adanya latihan ini, lanjut Danlanud, maka setiap personel dapat memberikan pertolongan pertama pada awak pesawat yang mengalamai accident sehingga diharapkan korban dapat diminimalkan.

Hawk 100/200. (Foto: detikFoto/Chaidir Anwar Tanjung)

Adapun dalam kegiatan ini yang memberikan materi pelajaran adalah salah seorang Perwira Teknik Skadron Udara 1 yaitu Kapten Tek Afirus. Yang memberikan pelajaran tentang cara-cara yang harus dilakukan oleh anggota apabila akan menolong awak pesawat Hawk 100/200. ”Dalam menolong korban kita harus tepat dan berhati-hati tentunya sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan, jangan sampai kita mau menolong korban malah kita yang jadi celaka” terang Kapten Tek Afirus.

Selain itu juga diberikan materi tentang penanganan medis dari Letda Kes dr. Arya dan materi pertolongan awak pesawat Helicopter dari Kapten Pnb Surono

Selain pelajaran teori juga diperagakan langsung oleh para personel sehingga mereka diharapkan benar-benar memahami dalam menolong awak pesawat.

PENTAK LANUD SUPADIO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar