Rabu, 17 Juni 2009

RSS Archer Kapal Selam Singapura Terbaru

RSS Archer. (Foto: mindef)

18 Juni 2009 -- Bertempat di galangan kapal Kockums di Karlskrona, Swedia, Selasa (16/6) diluncurkan kapal selam milik Angkatan Laut Singapura (RSN/Republic of Singapore Navy) RSS Archer. RSS Archer salah satu dari dua kapal selam yang dipesan Singapura di tahun 2005.

Kedua kapal selam tersebut merupakan kapal selam bekas pakai AL Swedia dari kelas Vaastergotland. Sebelumnya kapal selam dilakukan peningkatan kemampuan, diperbaharui, dan diselaraskan dengan iklim tropis untuk memastikan kesesuaian daerah operasinya di dan sekitar perairan Singapura.

RSS Archer. (Foto: mindef)

Prajurit RSN yang akan mengawaki kapal selam ini telah menjalani pelatihan pengoperasian dan perawatan kapal selam di Swedia dua tahun lalu. RSS Archer akan menjalani uji pelayaran setelah diluncurkan serta diharapkan tiba di Singapura 2010.

Wakil perdana menteri dan menteri pertahanan Singapura Teo Chee Hean dalam pidato peluncuran kapal selam ini mengatakan kapal selam kelas Archer diintegrasikan dengan enam kapal frigate siluman dan kapal pengangkut helikopter yang segera dikirimkan, akan memberikan kemampuan RSN melakukan tugas jauh lebih kompleks dan operasi yang canggih untuk membantu memelihara perdamaian dan stabilitas regional, serta mengamankan jalur laut yang melalui wilayah Singapura.

MINDEF/@info-terkumpul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar