Jumat, 19 Juni 2009

Militer Indonesia-Prancis Perluas Kerja Sama

Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno, S.H. menerima Panglima Armada Kawasan Samudera Hindia Angkatan Laut Perancis, Laksamana Madya Gerald Valin. Pertemuan berlangsung di Mabesal Cilangkap, Jakarta, Jumat (19/6). Kunjungan kehormatan ini dimaksudkan untuk mempererat persahabatan dan meningkatkan kerjasama Angkatan Laut kedua negara yang selama ini telah terjalin baik. (Foto: Dispenal)

19 Juli 2009, Jakarta -- Militer Indonesia dan Prancis sepakat untuk meningkatkan dan memperluas kerja sama militer dan pertahanan kedua negara yang telah terjalin baik.

"Indonesia memiliki potensi yang besar, sehingga kerja sama bisa makin ditingkatkan, mulai dari pendidikan, latihan bersama, penanggulangan terorisme, pembajakan dan pengamanan obyek vital lepas pantai," kata Panglima Armada Kawasan Samudera Hindia Angkatan Laut Prancis (ALINDIEN) Laksamana Madya Gerard Valin, saat mengadakan kunjungan kepada Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Indonesia yang telah ikut berpartisipasi dalam misi perdamaian PBB, dengan mengirimkan pasukan darat maupun laut.

Pada kesempatan yang sama, Kasum TNI Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo berharap kerja sama yang telah berjalan antara dua pihak, dapat ditingkatkan terutama untuk bidang pendidikan dan latihan.

Bâtiment de commandement et de ravitaillement (BCR) Var A 608. (Foto: defense.gouv.fr)

Sebelum bertemu Kasum TNI, Valin diterima oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno untuk membahas berbagai format kerja sama yang sudah berjalan maupun yang akan dilakukan.

Sejak Rabu (17/6) kapal perang BCR VAR A 608 sandar di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Kapal jenis kapal logistik dan pusat komando serta memiliki persenjataan antara lain Oerlikon 40 mm, senapan 12,7 mm dan rudal Simbad. Kapal diperlengkapi pula hanggar yang mampu menampung satu helicopter jenis Allouette III dan deck landasan yang mampu untuk didarati helicopter jenis Dauphin dan Puma.

ANTARA News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar