Jumat, 12 Juni 2009

1.493 Personil Keamanan Kawal JK

Anggota TNI melakukan simulasi penyelamatan ketika mengamankan lokasi kunjungan Capres Jusuf Kalla di Kantor Partai Aceh, Banda Aceh, Jum'at (12/6). Sebanyak 1.483 personil aparat keamanan gabungan, mengamankan kedatangan calon presiden Jusuf Kalla ke Banda Aceh. (Foto:HARIAN ACEH/Heri Juanda)

13 Juni 2009, Banda Aceh -- Kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang juga calon presiden (Capres) ke Banda Aceh hari ini, Sabtu (13/6) akan dikawal 1.493 personil gabungan baik dari TNI, Polri dan aparat Pemda Aceh.

Komandan Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) Kolonel Inf Djoko Subandrio mengatakan, pengamanan itu merupakan prosedur tetap yang berlaku sesuai undang-undang.

“Sesuai tugas pokok kita, setiap pejabat tinggi negara yang datang berkunjung sudah ada protapnya dan itu sejalan dengan UU,” katanya usai Apel persiapan pasukan pengamanan menyambut kedatangan Capres JK, kemarin.

Djoko mengatakan, aparat pengamanan tersebut merupakan pasukan gabungan TNI/Polri, Paspanpres dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. “Ini pasukan gabungan yang dipersiapkan untuk kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Banda Aceh,” kata Kolonel Inf Djoko Sobandrio yang juga Danrem 012/TU itu.

Sejumlah prajurit TNI latihan persiapan pengamanan saat tiba di Kantor Partai Aceh yang akan dikunjungi capres Jusuf Kala di Banda Aceh, Jumat (12/6). Calon Presiden Jusuf Kala yang dijadwalkan tiba di Aceh, Jumat malam (12/6) dan pada Sabtu (13/6) melakukan kegiatan kampanye di Anjong Monta, pertemuan kader di kantor Golkar dan pertemuan dengan mantan anggota GAM yang menjadi pengurus Partai Aceh (PA), partai pemenang mayoritas kursi caleg di Kantor Partai Aceh. (Foto: ANTARA/Ampelsa/Koz/pd/09)

Dari 1.493 personil yang dipersiapkan, kata Djoko, 586 personil dari pasukan TNI, 662 personil dari Polri selebihnya dari Pemda Aceh. “Termasuk di dalamnya ada pasukan Paspampres, dan semua itu kita lakukan sesuai prosedur yang berlaku,” katanya.

Pengamanan itu sendiri akan dilakukan di beberapa titik yang akan dikunjungi JK di antaranya, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Bsear, Hotel Hermes Palace, Kantor Golkar, Kantor Partai Aceh dan Peundopo Gubernur Aceh.

Jusuf Kalla tiba di Bandara Internasional SIM Jumat (12/6) malam sekitar pukul 20.00 WIB. Hari ini JK akan berkampanye dialogis dengan pendukungnya di Pendopo Gubernur Aceh.

(Harian Aceh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar