Senin, 13 Desember 2010

Menhan RI Pertemuan Bilateral dengan Perdana Menteri Timor Leste Bahas Peningkatan Kerjasama Pertahanan


13 Desember 2010, Surabaya -- Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmau, Jum’at Malam (10/12) di Hotel Shangrila, Surabaya. Pertemuan tersebut membahas beberapa hal terkait dalam upaya meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara khususnya kerjasama di bidang pertahanan.

Secara khusus dalam kesempatan tersebut, Perdana Menteri Timor Leste menyampaikan keinginan Timor Leste untuk meningkatkan kerjasama pertahanan dengan Indonesia khususnya kerjasama di bidang pendidikan dan latihan.

Timor Leste berharap Indonesia dapat memberikan bantuan dalam meningkatkan kapabilitas para perwira – perwira Angkatan Bersenjata Timor Leste. “Kita pikir bahwa Indonesia dapat membantu para perwira - perwira baru kami meningkatkan kapabilitasnya”, ungkapnya.

Lebih lanjut Perdana Menteri Timor Leste berharap kepada Indonesia untuk dapat memberikan kesempatan bagi para perwira – perwira Angkatan Bersenjata Timor Leste mengikuti training program, exercise, dan juga pendidikan di Sesko TNI, sehingga mereka mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang defense and security.

Menanggapi keinginan Perdana Timor Leste tersebut, Menhan RI Prunomo Yusgiantoro menyampaikan menyambut gembira, terbuka dan mengapresiasi atas gagasan tersebut. Sebagai negara tetangga, Indonesia dan Timor Leste sudah sewajarnya bekerjasama dengan baik.

Menurut Menhan, banyak hal yang dapat dikerjasamakan antara kedua negara khususnya kerjasama di bidang pertahanan antara lain di bidang pendidikan dan latihan. Dan Indonesia siap untuk menindaklanjuti dan mengembangkan lebih lanjut dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama kedua Negara.

“Kami sangat senang apabila nanti ada suatu kerjasama baik di bidang pendidikan dan latihan maupun joint exercise serta apapun yang dapat meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara”, tambah Menhan RI.

Mendengar sambutan baik dari Menhan RI tersebut, Perdana Menteri Timor Leste lebih lanjut menyampaikan ucapan terimakasih. Selain itu, Perdana Menteri Timor Leste juga menyampaikan kepada Menhan RI bahwa pihaknya akan mengunjungi PT.PAL. Menurutnya, kunjungan ke salah satu BUMNIP Indonesia yang terletak di Surabaya itu, dimaksudkan dalam rangka menjajaki kemungkinan kerjasama di bidang maritim dengan PT.PAL.

Ditambahkannya, Timor Leste berminat menjalin kerja sama di bidang maritim dengan Indonesia melalui PT PAL, karena Timor Leste dalam pembangunan jangka panjang 2011-2030 menempatkan laut sebagai faktor strategis pembangunannya.

Turut mendampingi Menhan RI dalam pertemuan tersebut antara lain Sekjen Kemhan Marsdya TNI Eris Herryanto S.IP. MA., Dirjen Ranahan Kemhan Laksda TNI Susilo, Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Suwarno dan Kabalitbang Kemhan Dr. Ir. Pos. M. Hutabarat, MA. Turut pula Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

DMC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar