Selasa, 02 November 2010

Penerjun Yonif 501 Bajra Yudha Gelar Latihan

Ratusan prajurit Yonif Linud 501 Bajra Yudha pagi kemarin (30/8) melakukan terjun penyegaran di Desa Warurejo, Balerejo, Kabupaten Madiun. Aksi mereka memukau warga desa setempat. Sebelum memulai aktivitasnya, warga desa memilih menikmati aksi terjun payung itu. Ketinggian pesawat dengan titik penerjunan tidak terlalu tinggi, sekitar 300-400 meter. Jadi perlu satu menit untuk bisa sampai di titik penerjunan, terang Mayor Inf Suharto Sudarsono, Komandan Yonif Linud 501 Bajra Yudha, kemarin. (Foto: Radar Madiun/yogama)

2 November 2010, Madiun - Sebanyak 369 penerjun Batalyon Infanteri 501 Bajra Yudha menggelar latihan serangan dari udara di areal persawahan tepatnya di Desa Kedungjati, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Selasa.

Latihan terjun ini melibatkan lima pesawat Hercules "sort body" yang diterbangkan dari Lapangan Udara (Lanud) Iswahjudi, Magetan. Setiap kali terbang, pesawat mengangkut 60 penerjun. Penerjun diharuskan mendarat di beberapa titik yang sudah ditandai bendera berbagai warna.

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas personil Lintas Udara 18/Trisula Yonif 501/Bajra Yudha," ujar Komandan Yonif 501/Bajra Yudha Letnan Kolonel Infanteri Suharto Sudarsono, kepada wartawan.

Menurut dia, dalam latihan ini, pasukan hanya dilatih mengatur jarak dan derajat posisi sasaran dan tidak sampai menembakkan mortir karena di wilayah masih digunakan beberapa petani yang menggarap sawah.

Ia menjelaskan, latihan ini juga sebagai persiapan menjelang latihan perang tiga kesatuan atau Tri Matra, yakni TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) pada akhir tahun ini.

Pada 29-30 Agustus lalu, pasukan khusus Komando Strategis (Kostrad) TNI AD bermoto "Bersama Tuhan Kita Menyerang Dari Langit" ini, sudah pernah melakukan latihan serupa.

Latihan rutin tiap tahun ini melibatkan penerjun dan petugas operasional di darat yang totalnya sekitar 536 personil.

"Latihan ini juga untuk melatih kemampuan pasukan dalam melakukan penyerangan darat melalui udara," kata Kepala Staf Brigade Infanteri (Brigif) 18/Kostrad Letnan Kolonel Infanteri Tandyo Budi.

Selain latihan serangan darat dari udara, pasukan dibawah Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) ini juga melakukan simulasi pembebasan sandera teroris di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Madiun dan pengamanan instalasi di Kantor Unit Pelayanan dan Jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Caruban, Madiun.

Latihan pasukan Yonif 501/Bajra Yudha ini menarik perhatian warga sekitar yang menonton di pinggir persawahan.

ANTARA News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar