Kamis, 18 November 2010

Kodam II/Sriwijaya Buka Uji Siap Tempur Yonkav 5/Serbu

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Gunaedi Pribadi bertindak selaku Irup pada Upacara Pembukaan Uji Siap Tempur Yon Kav 5/Serbu TA. 2010. Kamis, 18 November 2010, bertempat di Mako Yon Kav 5/Serbu Karang Endah.

18 November 2010, Palembang -- Pangdam II/Sriwijaya dalam amanatnya mengatakan, bahwa tugas Kompi Kavaleri adalah melaksanakan pertempuran darat yang bersifat ofensif guna mendekati dan menghancurkan musuh dengan menggunakan daya gerak, daya tembak, daya kejut dan lindung lapis baja.

Kemampuan tersebut akan dapat terwujud apabila setiap personel Kavaleri sesuai dengan peran dan fungsinya memiliki tingkat pengetahuan teknologi yang memadai serta memiliki kemahiran dalam mengawaki Alutsista yang diorganikkan di satuannya.

Oleh karena itu kepada seluruh peserta latihan harus mampu memanfaatkan program Uji Siap Tempur ini sebagai sarana untuk mengasah olah keprajuritan guna pencapaian profesionalitas yang tinggi dilandasi dengan tingkat kemahiran teknik dan taktik dalam suatu dinamika operasi.

Pahami karakteristik Alutsista yang diawaki baik secara teknologi, teknik dan prosedur penggunaannya, agar Alutsista tersebut benar-benar mampu digunakan untuk menyelesaikan tugas pokok secara optimal.

Kesiapan dan kemampuan satuan dalam setiap pelaksanaan tugas sangat ditentukan oleh kualitas pembinaan prajurit dan pembinaan satuan dihadapkan dengan tuntutan tugas yang dibebankan. Dihadapkan dengan tuntutan tugas Kompi Kavaleri, hal tersebut dapat diwujudkan dengan mengukur kemampuan teknis dan taktis serta Kodal Satuan Kompi Kavaleri melalui suatu dinamika operasi pola pelaksanaan Uji Siap Tempur tingkat Kompi.

Terbatasnya medan latihan jangan dijadikan sebagai alasan pembenar untuk tidak melakukan latihan dengan benar, tingkatkan semangat, kesungguhan, ketulusan, disiplin dan kerja sama yang baik sehingga latihan yang dilaksanakan tidak sia-sia.

Laksanakan teknik dan taktik bertempur Kavaleri secara benar dan profesional dan adakan pengecekan personel dan materiil setiap saat untuk menghindari kerugian selama latihan. Perhatikan faktor keamanan selama pelaksanaan latihan untuk menghindari korban yang sia-sia dan hindari perusakan terhadap fasilitas/perkebunan milik masyarakat.

Dihadapkan dengan kondisi peralatan yang sudah tua tentunya akan berpengaruh terhadap pelaksanaan latihan sehingga peralatan yang ada harus dirawat dan dipelihara dengan baik.

Lebih lanjut Pangdam II/Swj mengatakan, kepada penyelenggara Uji Siap Tempur, saya berharap agar tugas ini dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Ciptakan suasana latihan yang kondusif, interaktif dan dinamis sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta UST secara maksimal.

Kepada peserta UST, sekali lagi saya ucapkan selamat mengikuti, semoga latihan ini mampu memberikan kontribusi guna meningkatkan kemampuan prajurit yang handal dan profesional. Persiapkan diri dan mental serta jaga kondisi fisik dan kesehatan agar dapat mengikuti semua materi UST secara maksimal.

Pendam II/Swj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar