Rabu, 24 November 2010

Daerah Strategis, TNI AL Perhatikan Tanjung Pasir


25 Nopember 2010, Tangerang -- TNI Angkatan Laut (AL) memberikan perhatian terhadap kawasan pesisir Tanjung Pasir, Tangerang, Banten karena punya nilai strategis terhadap objek wisata dan perekonomian daerah setempat, termasuk negara.

"Tanjung Pasir merupakan daerah pesisir yang memiliki aspek strategis sebagai filter keluar-masuknya orang dan barang di mana berpotensi sebagai daerah yang memiliki kerawanan di laut. Secara ekonomi, Tanjung Pasir juga digunakan sebagai pelabuhan tujuan dari dan ke Pulau Untung Jawa sebagai tujuan wisata bahari," ujar Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) III Laksma TNI Iskandar Sitompul kepada wartawan usai meresmikan Pos TNI AL (Posal) Kelas A Tanjung Pasir, di Tangerang, Banten, Rabu (25/11).

Pembangunan Posal Tanjung Pasir merupakan realisasi kebijakan pimpinan TNI AL untuk mendukung pembangunan dan pembinaan kekuatan TNI Angkatan Laut secara keseluruhan.

Iskandar menjelaskan, Posal Tanjung Pasir merupakan daerah pesisir yang memiliki aspek strategis sebagai filter daerah setempat melalui laut. Tentunya, nilai strategis itu berpotensi menimbulkan kerawanan.

"Tanjung Pasir merupakan daerah strategis yang berpotensi sebagai daerah sangat rawan terhadap tindak pidana pelanggaran hukum di laut seperti perompakan, pembajakan, penangkapan ikan secara illegal, imigran gelap, penambangan pasir laut, penyelundupan pasir timah, BBM dan lain-lain," ujarnya.

Iskandar menyatakan, penegakan hukum di laut melalui Posal perlu dilaksanakan untuk meng-cover pengawasan daerah sekitarnya, meliputi daerah Mauk, Pulau Laki, Pulau Untung Jawa, Dadap dan perairan sekitar Tangerang.Pembinaan Maritim

Keberadaan Posal Tanjung Pasir secara struktural merupakan unit terkecil dari organisasi TNI AL. Posal Tanjung Pasir jadi ujug tombak Pangkalan TNI AL dalam mengumpulkan data intelijen maritim dalam mendukung tugas pokok Lantamal III.

"Selain itu, Posal Tanjung Pasir melaksanakan pembinan maritim didaerah pesisir guna terwujudnya masyarakat maritim yang kuat dan handal sehingga dapat mendukung Hankamneg di laut," ujar Danlantamal III.

Pada kesempatan itu, Iskandar mengukuhkan Komandan Posal Tanjung Pasir yang pertama, Lettu TNI Hanafi. "Pimpinan TNI AL mengharapkan kepada Danposal yang baru dilantik untuk dapat bekerja sama dengan aparat setempat, para tokoh agama dan masyarakat sekitar," ujarnya.

Hadir pada upacara peresmian Posal Tanjung Pasir, yakni Wadan Lantamal III, Kolonel TNI Deddy Muhibah Pribadi, jajaran pejabata Lantamal III, Muspida Tangerang dan Banten, Koramil, Polri, Muspika dan pramuka serta tokoh masyarakat.

Suara Karya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar