Selasa, 02 November 2010

Akhirnya AL Yunani Operasikan Kapal Selam HS Papanikolis

Kapal selam tipe 214 HS Papanikolis. (Foto: Hellenic Shipyards S.A.)

3 November 2010 -- Perselisihan antara Angkatan Laut Yunani dan pabrik kapal selam Jerman ThyssenKrupp Marine Systems mencapai titik temu akhir Oktober dengan diumumkannya kesepakatan pengiriman kapal selam tipe 214 HS Papanikolis serta melanjutkan pengerjaan dua kapal selam lainnya.

Yunani menolak menerima HS Papanikolis pada 2006, setelah selesai dibangun oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft GmbH (HDW), Kiel, Jerman dengan alasan kinerja kapal selam tidak sesuai dengan persyaratan AL Yunani. Kapal selam diuji oleh pemerintah Jerman pada 2008 dan dinyatakan kinerja kapal selam memenuhi atau melebihi standar.

Para awak HS Papanikolis akan dilatih dan mendapatkan sertifikasi pengoperasian kapal selam. Kapal selam diharapkan berlayar ke Yunani pada tahun depan.

AL Yunani mengeluarkan program Neptune II bertujuan meningkatkan kemampuan armada kapal selam, dengan mengakuisisi tiga kapal selam tipe 214 dari Jerman.

HS Papanikolis berbobot 1700 ton, panjang 65 meter dan dioperasikan 27 orang. Kapal selam dilengkapi dengan Air-Independent Propulsion (AIP), membuat mampu berada dibawah permukaan laut lebih lama, selain itu menghasilkan bunyi sangat senyap, tidak menghasilkan panas, menjadikan kapal berkemampuan siluman.

Defence News/Berita HanKam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar