Sabtu, 25 September 2010

KRI Frans Kaisiepo Dilepas ke Lebanon Hari Ini

Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso ( 2 kiri), KSAL Laksamana TNI Agus Suhartono ( kiri), meninjau personil TNI AL, di Jakarta, Sabtu (25/9). Sebanyak 100 prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII B, yang akan bergabung dalam pasukan pemeliharaan perdamaian di Lebanon. (Foto: ANTARA/ Ujang Zaelani/ed/NZ/10)

25 September 2010 -- KRI Frans Kaisiepo dijadwalkan berangkat ke Lebanon sebagai bagian dari Satuan Tugas Maritime Task Force TNI Kontingen Garuda XXVIII-B/United Nations Interim Force in Lebanon, Sabtu ini.

Asisten Operasi Panglima TNI Mayor Jenderal Tono Suratman, Kamis (23/9), memeriksa persiapan terakhir dan penggelaran pasukan. Rencananya KRI Frans Kaisiepo akan dilepas oleh Panglima TNI di Komando Lintas Laut Militer.

Personil TNI AL yang akan bertugas di Lebanon bersiap-siap memasuki KRI Frans Kaisiepo. (Foto: ANTARA/ Ujang Zaelani/ed/NZ/10)

Kaisiepo-368 diawaki 100 prajurit dan dipimpin Komandan Satuan Tugas Letkol Laut (P) Wasis Priyono. KRI Frans Kaisiepo merupakan kapal keempat jenis korvet kelas Sigma milik TNI Angkatan Laut. KRI ini dibuat oleh galangan kapal Schelde, Belanda, pada tahun 2006 khusus untuk TNI AL. KRI ini adalah kapal kedua setelah KRI Diponegoro 365 yang ikut misi yang sama tahun lalu. Saat itu misi KRI Diponegoro merupakan misi pertama dari Asia Tenggara.

Saat pemeriksaan, Tono Suratman mengingatkan, seluruh perlengkapan material yang diberikan merupakan barang inventaris negara yang harus dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, dalam penggunaan setiap peralatan, prosedur agar dipatuhi. Prajurit diminta memelihara segala fasilitas yang ada sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan.

Tono menyatakan, keamanan dan keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama, khususnya dalam penggunaan peralatan dengan risiko tinggi.

KRI Frans Kaiseipo-368 dilepas di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara, Sabtu (25/9). (Foto: Puspen TNI)

Kapal ini membawa Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-B/UNIFIL berjumlah 100 orang, terdiri dari 88 orang ABK, Crew Helikopter 7 orang, Paramedis/Kesehatan 2 orang, Penyelam 2 orang dan Kopaska 1 orang. (Foto: Puspen TNI)

KRI Frans Kaiseipo-368 yang dilengkapi Helikopter BO-105 NV-414 merupakan salah satu kapal terbaru yang dimiliki TNI AL berjenis Korvet kelas SIGMA (Ship Integrated Geometrical Modularity Approach) buatan Schelde Naval Shipbuilding, Vlissingen Belanda. (Foto: Puspen TNI)

KOMPAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar