Selasa, 21 September 2010

Aksi F16 Akan Membuka Bandung Airshow

Teknisi memercantik pesawat Cessna di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/9). Bandung Air Show 2010 untuk menyambut 200 tahun kota Bandung, akan digelar pada 23-26 September 2010 dan menampilkan sebanyak 137 pesawat, termasuk beberapa diantaranya pesawat tempur, peragaan akrobatik, terjun payung, aeromodelling dan pameran kedirgantaraan. (Foto: ANTARA/Agus Bebeng/ed/ama/10)

21 September 2010, Bandung -- Bandung Air Show 2010 yang diadakan 23 - 26 September 2010, akan dibuka dengan penerbangan perdana pesawat tempur F-16 yang akan melintas di arena show Lanud Husein sesaat setelah acara dibuka pukul 09.00 Kamis (23/9) lusa. Pesawat F-16 ini diterbangkan langsung dari Madiun dengan rencana penerbangan satu flight saja.

Tidak hanya pesawat tempur Falcon, penyelengara juga turut menyertakan aksi pesawat tempur Hawk yang diberangkatkan langsung dari Bandara Halim Perdanakusuma. "Untuk Hawk, yang sudah pasti flight itu ada tiga pesawat," kata Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Asep Adang Supriyadi, Selasa (21/9).

Selain penampilan dua pesawat ini, acara Bandung Airsow juga dimeriahkan oleh atraksi terjun payung yang melibatkan 30 personel dari berbagai kesatuan yaitu dari TNI seperti Paskhas, Marinir dan Kopassus, Polri dan juga dari FASI. "Masing-masing satuan akan mengirimkan 5 personil," terang Asep.

Saat ini, di area Lanud telah berdiri tenda-tenda untuk menampilkan kerajinan atau home industry asal Kota Bandung. "Ya selain menampilkan aneka model pesawat, nanti juga ada stan-stan dari BUMN, industri strategis seperti Pindad, Lapan, dan lain-lain," katanya.

Pesawat komersil hingga pesawat tempur dipamerkan

Warga Kota Bandung segera bisa menyaksikan ratusan pesawat terbang di Pangkalan Udara Husein Sastranegara. Ratusan pesawat berbagai jenis itu akan "diparkir" di Lanud Husein dalam gelaran Bandung Air Show 2010 yang akan dihelat pada 23 hingga 26 September 2010.

Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Asep Adang Supriyadi, dalam jumpa pers di Lanud Husein Sastranegara, Senin (21/9) mengatakan, Bandung Air Show 2010 digelar untuk menyambut Hari Jadi Kota Bandung ke-200.

Tidak hanya pesawat kecil dan komersil saja, nantinya menurut Asep, pesawat berbadan besar pun akan turut ditampilkan dalam static show. Rencananya sebanyak 137 pesawat berbagai jenis akan turut ditampilkan dalam Bandung Air Show 2010. Pesawat-pesawat itu terdiri dari pesawat TNI, Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) juga ada pesawat aero modelling.

Bahkan, kata Asep, pesawat tempur Hawk 100-200 dan F-16 pun akan ikut menyemarakkan acara tersebut. "Nantinya pesawat tersebut akan melintas dengan jadwal yang ditentukan," ujar Asep.

Tribun Jabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar