Selasa, 08 Juni 2010

Pangkosekhanudnas I Sosialisasi Hanud Pasif

08 Juni 2010, Jakarta -- Kosekhanudnas I sebagai komando pelaksana operasi dalam melaksanakan tugas pokoknya menyelenggarakan dan mengendalikan kegiatan operasi pertahanan udara di wilayah geografisnya untuk mendukung tugas pokok Kohanudnas diantaranya adalah menyelenggarakan Operasi Hanud (pertahanan udara) Pasif.

Hanud pasif merupakan segala kegiatan selain Hanud aktif yang dilakukan untuk membatasi, menanggulangi,dan mengurangi efektifitas serangan udara musuh baik berupa pesawat udara maupun ancaman rudal dengan melakukan penyamaran, penyembunyian sasaran, penipuan, penyebaran sasaran dan dengan melakukan sistem deteksi dini sampai dengan menggunakan konstruksi sebagai pelindung dari serangan udara lawan (bunker).

Demikian disampaikan oleh Pangkosekhanudnas I, Marsekal Pertama TNI J.F.P Sitompul, dalam kunjunganya guna melaksanakan sosialisasi Hanud Pasif di Stasiun Pengendali Utama (SPU) Satelit Cibinong, Bogor yang diterima langsung oleh General Manager Subdivisi Satelit dan mendapat respon positif.

Pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan untuk mengkaji dan menggali informasi mengenai kesiapan dan pengetahuan obyek vital nasional yang dilindungi serta memberikan pembinaan kesiapan dan kemampuan dalam hal menghadapi serangan udara lawan. Selain itu SPU Satelit Cibinong merupakan satu – satunya fasilitas pengendali Satelit Telkom, dimana System Transponde yang dimilikinya juga digunakan dalam sistem Komunikasi TNI, sehingga merupakan obyek vital nasional yang sangat penting dijajaran Kosekhanudnas I untuk dilindungi karena dapat menjadi target utama dalam serangan udara lawan.

Sosialisasi yang dilaksanakan berjalan dengan aman dan lancar meskipun permasalahan yang disosialisasikan merupakan hal baru bagi pihak SPU Satelit Cibinong. Dengan demikian, diharapkan pada masa mendatang perlunya diadakan pelatihan secara terkoordinasi antara Obvitnas, TNI, Pemda, Polri dan Pemadam Kebakaran dalam latihan menghadapi dan menanggulangi serangan udara lawan.

Turut serta dalam kunjungan sosialisasi tersebut para pejabat dari lingkungan Kosekhanudnas I dan Kasdim 0621 dengan melibatkan anggota dari Polres Cibinong.

Pen-kosekhanudnas I/Pos Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar