Jumat, 12 Maret 2010

KRI Dewaruci Berlayar ke Eropa

KSAL, Laksamana TNI Agus Suhartono, memberi jabat tangan kepada kadet AAL saat melepas berangkatnya KRI Dewa Ruci di Dermaga Ujung Koarmatim Surabaya, Jumat (12/3). KRI Dewa Ruci kembali memulai penjelajahannya selama sembilan bulan ke benua Eropa pada tahun 2010 ini. 25 negara di Eropa akan disinggahi KRI kebangaan TNI AL dan Indonesia tersebut. (Foto: ANTARA/Bhakti Pundhowo/ss/hp/10)

11 Maret 2010, Surabaya -- Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci akan melakukan muhibah pelayaran menuju Eropa.

Kapal perang yang dikomandani Letkol Laut (P) Suharto itu akan memulai tugas "Kartika Jala Krida", Jumat (12/3).

"Kadet tingkat II Akademi Angkatan Laut (AAL) yang akan melakukan tugas 'Kartika Jala Krida' sudah melakukan berbagai persiapan," kata Kabag Penerangan AAL, Mayor Laut (Kh) Jamaluddin di Surabaya, Kamis.

Di antara persiapan yang sudah dijalani para kadet itu adalah program embarkasi perlengkapan, perorangan maupun inventaris lainnya yang akan di bawa dalam tugas.

Di samping itu, para kadet juga telah melaksanakan latihan dan praktik pelayaran, seperti "The Historical Seas Tall Ship Regatta", "The Tall Ship Race 2010 in Aalborg", "Sail Amsterdam", dan "Sail Bremerhaven".

Para kadet juga telah berlatih kesenian yang akan ditampilkan di sejumlah negara yang bakal disinggahinya.

Dari Dermaga Ujung Surabaya, KRI Dewaruci akan menempuh perjalanan sejauh 24.675 mil laut (Nautical mile/Nm).

Kapal tersebut akan menyinggahi beberapa negara, antara lain India, Oman, Arab Saudi, Yunani, Bulgaria, Turki, Tunisia, Aljazair, Spanyol, Prancis, Belgia, Denmark, Norwegia, Inggris, Belanda, Jerman, Italia, dan berakhir di Siprus.

ANTARA JATIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar