Rabu, 24 Maret 2010

Pangdam Minta Taktik Pertempuran Ditingkatkan


24 Maret 2010, Medan -- Pangdam I/BB Mayjen TNI M Noer Muis meminta Danrem, Danbrigif, dan Komandan/ Kepala Satuan di jajarannya mengembangkan taktik pertempuran sesuai dinamika yang ada.

Hal itu disampaikannya saat menyaksikan peragaan demonstrasi taktik pertempuran TNI AD 2010 oleh prajurit Kodam I/BB yang baru selesai mengikuti penataran taktik bertempur di tingkat angkatan darat bertempat di daerah latihan kodiklat TNI AD Bandung kemarin. Pangdam I/BB mengaku puas dengan apa yang disuguhkan prajuritnya. Pangdam meminta taktik pertempuran TNI AD yang didemonstrasikan dikembangkan lagi.

Misalnya,teknik gerakan dasar meliputi teknis pembawaan senjata taktis dan nontaktis,gerakan perorangan, sikap teknis dan taktis, teknis menembak jarak dekat dengan sasaran lebih dari satu, serta teknik pemeriksaan personel pria/wanita combatandan noncombatan. Juga aplikasi gerakan teknik dan taktik dalam serbuan pemukiman/perkotaan dan mengatasi bahan peledak. “Gambaran sasaran harus sesuai bentuk daerah permukiman kota.

Begitu juga unsur-unsur yang dilatih agar terus dilatih lebih baik sehingga esensinya jelas,”tandas Pangdam. Dalam amanat Pangdam,Dansat harus mengenali benar siapa dan apa satuan yang dipimpin sehingga sistem pembinaan Satuan Kodam I/BB yang komprehensif dapat diorientasikan pada keberhasilan tugas saat ini maupun di masa yang akan datang.

“Setiap Dansat mampu meningkatkan kesejahteraan prajuritnya serta harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) secara baik sesuai jenjang pendidikan yang diikutinya,” tuturnya. Pangdam juga menekankan agar dapat mengimplementasikan hasil apel Dansat untuk mewujudkan satuan yang lebih berprestasi dan berkualitas. Juga membina komunikasi sosial dengan seluruh elemen masyarakat di lingkungannya.

SEPUTAR INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar