Rabu, 24 Maret 2010

AU India Terima AWACS Kedua


24 Maret 2010 -- India menerima Phalcon Airborne Early Warning and Control System (AWACS) kedua dua dari Israel , tiba di Jamnagar, Gujarat, Rabu (24/3).

Angkatan Udara India dapat memantau wilayah Timur dan Barat India pada saat bersamaan dengan dua AWACS yang dimiliki. Setelah kedatangan ketiga, AU India dapat memantau seluruh negeri.

AWACS dibeli dari Israel senilai 1,1 milyar dolar pada 2003. AU India menempatkan Phalcon AWACS pada pesawat angkut berat buatan Rusia IL-76.

Fungsi utama sistem ini mendeteksi rudal jelajah dan pesawat tempur dari jarak ratusan kilometer, dapat juga mengarahkan jet tempur saat pertempuran udara dengan jet tempur musuh. Serta dapat membantu mendeteksi pasukan musuh yang menyebrang garis perbatasan.

India dan Israel sedang bernegosiasi kontrak pembelian tiga Phalcon AWACS lagi, AU India akan mengintegrasikan dengan kekuatan udara dan darat lainnya. Keenam AWACS akan dihubungkan dengan satelit militer pertama yang akan diluncurkan pada pertenggahan tahun depan.

Pesawat AWACS dioperasikan Skuadron 50, Agra, skuadron ini telah melakukan operasi penerbangan secara ekstensif dengan jet tempur Sukhoi Su-30MKI, Mirage 2000 dan Jaguar.

Belum lama ini AWACS turut serta dalam latihan bersandi “Vayushakti” dan mengontrol operasi penerbangan lebih dari 100 pesawat yang berpartisipasi dalam demonstrasi penembakan masif

Outlook India/@info-terkumpul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar