Senin, 29 Maret 2010

AL Turki Akan Beli 1 LPD dan 6 Frigate


30 Maret 2010 -- Angkatan Laut Turki berencana membeli kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) pertama yang mampu membawa 8 helikopter guna meningkatkan kemampuan pengerahan kekuatan amphibi ke luar negeri sebagai bagian dari kekuatan NATO dan penjaga perdamaian.

Kontraktor utama proyek senilai 500 juta dolar adalah perusahaan lokal, dengan melibatkan perusahaan asing yang akan melakukan alih teknologi pembuatan LPD.

Pemerintah Turki membuka tender akhir Februari dengan peserta tender tujuh perusahaan lokal dimana diharapkan akan bekerjasama dengan perusahaan asing, termasuk perusahaan dari Italia, Korea Selatan, Spanyol, Belanda, Inggris dan Jerman.

AL Turki mensyaratkan LPD mampu membawa satu batalyon bersenjata lengkap sekitar 1000 prajurit dan personil, 8 helikopter serba guna, tiga pesawat nirawak, 13 tank dan 81 kendaraan lapis baja. Harga kapal diharapkan sekitar 500 juta dolar tidak termasuk helicopter.

Proyek Frigate TF 2000

Korvet kelas Milgem pertama TCG Heybeliada.

Selain akan membeli LPD, AL Turki akan membangun 6 frigate anti peperangan udara guna meningkatkan kemampuan pertahanan. Proyek ini sudah direncanakan 9 tahun lalu tetapi ditunda karena krisis ekonomi.

Program ini diberi nama frigate TF 2000 menelan anggaran sekitar 3 milyar dolar berdasarkan harga saat ini.

Frigate TF 2000 diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu 10 – 12 tahun.

Program ini dibuat pada akhir 1990-an, tetapi dihentikan pada 2001 karena krisis ekonomi, pada 2006 pemerintah Turki mengurangi jumlah frigate yang akan dibangun dari 8 unit menjadi 6 unit.

Frigate akan dipersenjatai sistem pertahanan anti rudal dan pesawat terbang tercanggih, begitu pula senjata lainnya. Frigate direncanakan dapat mengoperasikan helikopter serta pesawat nirawak.

Sejumlah perusahaan pertahanan, termasuk perusahaan Blohm + Voss Jerman, Kongsberg Norwegia, Lockheed Martin Amerika Serikat tertarik dengan program TF 2000 menurut analis pertahanan.

Saat ini AL Turki memiliki 19 frigates, terdiri dari frigate kelas Knoxx buatan AS, kelas Meko buatan Jerman. Beberapa frigate Knoxx yang sudah uzur akan dipensiunkan segera.

Turki saat ini sedang membangun 6 kapal selam buatan Jerman bekerja sama dengan galangan dalam negeri serta membangun 12 korvet kelas Milgem. Korvet pertama TCG Heybeliada telah selesai akhir 2008 dan direncanakan dioperasikan AL Turki 2011.

HURRIYET DAILY NEWS/@info-terkumpul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar