Senin, 29 Maret 2010

TNI AL Gelar Latihan Penegakan Hukum di Laut


30 Maret 2010, Jakarta -- Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal III), Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul mengatakan prajurit TNI AL Lantamal III menggelar latihan operasi penegakan hukum di laut. Latihan tersebut secara khusus untuk menangkap pelaku tindak pidana perikanan dan perusak ekosistem laut dengan menggunakan kapal patroli Patkamla Salmaneti berlangsung di perairan Kepulauan Seribu dan sekitarnya.

Dalam siaran pers Dispen Lantamal III yang diterima Jurnal Nasional, Danlantamal III Iskandar Sitompul mengatakan, latihan operasi penegakkan hukum di laut yang dilaksanakan TNI AL dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran. "Simulasi ini dimulai dengan adanya laporan dari masyarakat bahwa di sebelah barat perairan Pulau Bunder telah terjadi tindak pidana penangkapan ikan menggunakan potas," kata Iskandar.

Menindaklanjuti laporan masyarakat ini, kata Iskandar, satuan kewilayahan TNI AL segera meneruskan informasi ini melalui sarana komunikasi kepada kapal patroli TNI AL yang berada paling dekat dengan tempat kejadian perkara (TKP). Kebetulan Patkamla Salmaneti yang sedang melaksanakan patroli rutin di wilayah perairan Kepulauan Seribu menerima informasi ini segera melaksanakan operasi pengejaran dan penangkapan.

"Dari operasi ini Patkamla Salmeneti berhasil menangkap pelaku di TKP dengan barang bukti yang cukup," katanya.

JURNAL NASIONAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar