Sabtu, 04 Agustus 2012

4 Air Ajaib yang Mujarab untuk Kesehatan


INFO UNIK - 4 Air Ajaib yang Mujarab untuk Kesehatan - Air memang sangat dibutuhkan tubuh untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Namun beberapa air telah terbukti memiliki kandungan-kandungan super sehingga sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Berikut beberapa air ajaib yang mujarab untuk tubuh, seperti dirangkum detikHealth, Jumat (3/8/2012):

1. Air Susu Ibu (ASI)

Air Susu Ibu (ASI) merupakan cairan super tanpa tanding ciptaan Tuhan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi sejak lahir dan melindunginya dari berbagai penyakit. Tak hanya menyehatkan, air mukjizat ini juga bisa untuk menyembuhkan beberapa penyakit umum yang dialami si bayi karena ASI adalah obat.

Selain untuk bayi, menyusui ASI juga memberikan banyak manfaat untuk sang ibu. Karena itu, meski banyak susu dan makanan formula yang diramu untuk bayi, tak ada yang mampu mengalahkan khasiat cairan ajaib ini, terutama untuk bayi baru lahir.

2. Air Zam-zam

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh Dr Nour Al Zuhair dan Prof Rita Khounganian dari King Saud University untuk membandingkan kandungan mineral air Zam-zam. Dari hasil penelitian, salah satu kelebihan air Zam-zam adalah memiliki kandungan mineral khususnya fluoride yang lebih tinggi.

Bagi manusia, kadar fluoride yang tinggi dalam air minum bisa memberikan manfaat khususnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kekurangan fluoride bisa memicu gigi keropos atau dental caries yang jika memburuk bisa memicu infeksi pada gusi.

3. Air mineral pegunungan vulkanik

"Sumber air minum terbaik berasal dari mata air pegunungan vulkanik yang berasal dari air tanah dalam. Hal ini berdasarkan pada penjelasan ilmiah bahwa mata air pegunungan vulkanik relatif bebas pencemaran, mengandung mineral alami yang seimbang dan memenuhi ketiga syarat karakteristik sumber air tanah yang baik," ujar Prof Dr Sari Bahagiarti, MSc., ahli hidrogeologis dari UPN Veteran Yogyakarta.

4. Air kelapa muda

Selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa muda punya segudang manfaat bagi kesehatan. Beberapa orang menggunakannya untuk mengatasi mual muntah, bahkan sering digunakan untuk menggantikan plasma dalam transfusi darah pada masa Perang Dunia II.

Kandungan mineral dan elektrolit dalam air kelapa muda sangat beragam mulai dari kalsium, kalium hingga magnesium. Ketika kelapa mulai tua, mineral itu banyak terserap untuk mengeraskan daging kelapa yang berwarna putih sehingga khasiatnya berkurang.(*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar