Kamis, 30 Agustus 2012

10 Fakta Menarik Mengenai Stasiun Ruang Angkasa Internasional



ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Stasiun Ruang Angkasa Internasional (International Space Stations/ISS) merupakan salah satu pencapaian terbesar manusia dan teknologi dalam sejarah. Badan Antariksa dari Amerika Serikat, Rusia, Eropa, Jepang dan Kanada telah bergabung untuk mencapai tujuan bersama atas nama ilmu pengetahuan dan teknologi.
Peristiwa ini merupakan simbol kemajuan teknologi dan bukti prestasi manusia melalui kolaborasi dan kerja sama tim. Berikut ini 10 fakta menarik mengenai ISS:

ISS Above the Earth


1. Pada tanggal 2 November 2010, ISS menandai 10 tahun pendudukan manusia di ruang angkasa secara terus menerus. Sejak pertama kali diluncurkan pada tanggal 31 Oktober 2000 dan merapat pada tanggal 2 November, ISS telah dikunjungi oleh 196 orang dari delapan negara yang berbeda.

Tracy Caldwell Observing The Earth


2. ISS dapat dilihat dari bumi dengan mata telanjang, dan merupakan satelit buatan manusia terbesar yang pernah mengorbit di Bumi.

Russian Cosmonaut Oleg Kotov


3. Sejak modul pertama Zarya diluncurkan pada tanggal 20 November 1998, ISS telah memutari bumi sebanyak 68.519 kali atau sekitar 1,7 miliar mil (2,7 miliar km).

The Soyuz TMA 17 Spacecraft


4. Sampai dengan perayaan 10 tahun ISS pada tanggal 2 November 2010, telah terjadi 103 kali peluncuran kendaraan ruang angkasa ke ISS: 67 Rusia, 34 AS, satu kali Jepang dan satu kali Eropa. Spacewalks telah dilakukan sebanyak 150 kali untuk mendukung perakitan ISS dengan total lebih dari 944 jam.

Spacewalk on ISS


5. ISS dioperasikan oleh tim ekspedisi yang terdiri dari 6 astronot dan kosmonot, dengan mempertahankan keberadaan manusia di ruang angkasa terus menerus sejak peluncuran pertama. Jumlah waktu total adalah 10 tahun dan 105 hari. Rekor ini telah memecahkan rekor keberadaan manusia terlama di ruang angkasa yang sebelumnya dipegang oleh Stasiun Ruang Angkasa milik Rusia, MIR, dengan jumlah total 3.644 hari.

Moon Rock Brought by Appolo 11
Sampel Batu Bulan yang diambil dari misi Apollo 11.

6. ISS berfungsi sebagai laboratorium penelitian yang memiliki kondisi lingkungan tanpa gravitasi dimana para tim melakukan penelitian di bidang biologi, kimia, kedokteran, fisiologi dan fisika, serta pengamatan astronomi dan meteorologi.

The ISS


7. ISS, terdiri dari panel surya raksasa, yang membentang dengan luas seperti sebuah lapangan American Football, dan berat 375.481 kg. Kompleks ini sekarang memiliki lebih banyak ruangan untuk beristirahat dan memiliki 2 kamar mandi dan satu gym.

Configuration of the ISS


8. Sebanyak 3,3 juta baris kode perangkat lunak di bumi, telah mendukung 1,8 juta baris kode perangkat lunak penerbangan.

ISS Control Room


9. 55 lengan robot yang terpasang mampu mengangkat beban seberat 100 kg atau seberat ISS orbital.
Erupsi Gunung Cleveland di pulau Aleutian dilihat dari ISS.

Eruption of Cleveland Volcano


10. Panel surya seluas satu hektar mampu memasok 75-90 kilowatt listrik untuk ISS.

The ISS
Photograph by NASA

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar