Kamis, 30 Agustus 2012

Ilmuwan Ciptakan Kamera Super, 1 Triliun Gambar per Detik


ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Para peneliti dari Lab MIT belum lama ini mengumumkan sebuah pencapaian fantastis dimana mereka berhasil menciptakan sebuah kamera yang dapat mengabadikan banyak gambar dalam waktu yang sangat cepat, yakni hingga satu triliun hanya dalam waktu satu detik. Saking cepatnya, kamera ini bisa mengabadikan gambar cahaya saat melewati sebuah benda.

Selama ini tidak ada yang bisa memecahkan rekor kecepatan melebihi cahaya selain hasil karya legenda sains seperti Leon Foucault dan Einstein.

Tapi para pengembang dan peneliti di Lab MIT berhasil menciptakan kamera yang mampu mengabadikan gambar dengan begitu cepat sehingga saat Anda memainkannya dalam kecepatan yang sangat lambat, Anda bisa melihat cahaya lampu yang bergerak dari obyek satu ke obyek lainnya.

Pencapaian tersebut diumumkan dalam acara konferensi TED di Edinburgh. Dalam video presentasi yang disampaikan oleh Profesor Ramesh Raskar dari Media Lab Associate, menjelaskan bagaimana teknologi dibalik kamera super itu.

Salah satu kunci utama adalah bantuan sinar laser. Bekerja sama dengan Andreas Velten, Ramesh Raskar berhasil menciptakan sistem dengan cara menembakkan laser melalui beam splitter-dan di dinding, dengan pulsa yang terjadi setiap 50 femtosekon. (Femtosecon adalah sepersejuta miliar detik, atau waktu yang dibutuhkan cahaya untuk perjalanan sekitar 300 nanometer). Perhatikan gerakan cahaya yang ada di foto di bawah ini.







Ini adalah pertama kalinya cahaya yang bergerak mampu difilmkan. Kedepannya teknologi ini bisa memberikan pengaruh yang besar dalam segala hal, mulai fotografi, revolusi medis hingga perlengkapan belanja.

Dengan teknologi ini, orang bisa membawa scanner ke supermarket dan memeriksa kematangan buah dan sayuran. Contohnya tomat. Jika tomat matang, cahaya akan diserap ke dalam buah dan mental sekitar, menyebabkan 'glow' dalam sebuah video super lambat. Buah mentah atau tua tidak akan menyerap cahaya.

Berikut videonya:



sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar