Selasa, 28 Agustus 2012

Inilah Pihak Yang Paling Mendapat Berkah & Diuntungkan Dari Perang Sengketa Paten Antara Apple-Samsung-Google-HTC-Motorola

Loading image...

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Siapa yang menyangka ada pihak yang diuntungkan di balik perang paten antara Apple Inc dan Google Inc, Samsung Group, Motorola Inc, dan HTC Corporation.

Pengacara dan saksi ahli yang disewa Apple maupun Google mendapat keuntungan ribuan dolar per jamnya selama persidangan.

"Dalam perang paten telepon pintar (smartphone), banyak hal yang dipertaruhkan. Perusahaan terkait tak akan ragu mengeluarkan uang banyak demi menjadi pemenang," kata pengacara dari Latham & Watkins, Max Grant, 24 Agustus 2012.

Menurutnya, ketika persoalan hak cipta sudah sampai di pengadilan, maka perusahaan tidak lagi memikirkan bagaimana mereka harus menghemat pengeluaran keuangan.

Sebagai gambaran, Grant mengatakan, pengacara Apple diketahui memperoleh komisi US$ 1.200 atau sekitar Rp 11,3 juta per jamnya untuk meyakinkan hakim dan juri bahwa Samsung Electronics Co telah menyontek atau mencuri desain smartphone Apple.

Perusahaan yang kini dipimpin Tim Cook itu juga sudah menghabiskan total US$ 2 juta atau sekitar Rp 18,9 miliar hanya untuk menghadirkan saksi ahli.

Meski kelihatan besar, uang untuk pengacara dan saksi ahli tersebut sebenarnya tergolong kecil dan masih masuk akal di "kantong" Apple ataupun Google. Sebagai contoh, biaya US$ 32 juta yang dikeluarkan Apple dalam perang paten melawan Motorola Mobility setara dengan hasil penjualan Apple iPhone selama enam jam. Wow!

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar