Selasa, 20 Oktober 2009

AU India dan Kesultanan Oman Latihan Bersama

Jaguar milik AU Kesultanan Oman. (Foto: flickr)

20 Oktober 2009 -- Angkatan Udara India dan AU Kesultanan Oman akan mengadakan latihan udara bersama yang diberinama ‘Eastern Bridge’ pada Kamis (22/10) di pangkalan udara Thumrait, Oman.

AU India akan mengirimkan 6 jet tempur berkursi tunggal Darin-I Jaguar, sedangkan AU Kesultanan Oman menurunkan Jaguar dan F-16.

AU India akan melibatkan juga dua pesawat tanker udara IL-78 MKI sebagai pemasok bahan bakar Jaguar selama perjalanan ke Oman.

Latihan bersama ini bertujuan meningkatkan kesepahaman operasional, perbaikan dan prosedur administrasi antara kedua angkatan udara negara.

Nerpa diterima India awal 2010

Nerpa pernah mengalami insiden terlepasnya gas Freon saat diuji coba di Laut Jepang November 2008. Dalam insiden ini menewaskan 3 orang pelaut dan 17 pekerja galangan kapal.

Angkatan Laut India akan menerima kapal selam nuklir kelas Akula-II K-152 Nerpa akan diberinama INS Chakra di awal 2010.

Menurut pejabat teras AL Rusia, kapal selam sedang melakukan uji pelayaran dan pengujian terakhir akan dimulai akhir Oktober atau awal November, kemudian bertugas di Armada Pasifik Rusia Desember 2009.

Ditambahkannya pelaut India akan melaksanakan pelatihan bersama dengan pelaut Rusia di awal 2010 sebelum dioperasikan oleh pelaut India di jajaran armada AL India.

Pemerintah India telah membayar 650 juta dolar untuk menyewa kapal selam nuklir.

Airforce-technology.com
/Naval-technology.com/@info-terkumpul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar