Jumat, 17 Agustus 2012

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

[Image: 20120814-MUDIK.jpg]

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Hari ini H-2 diperkirakan akan menjadi puncak Mudik. Terutama warga Jakarta diperkirakan hari ini akan mencapai puncak melakukan perjalanan pulang kampung (mudik).

[Image: jalur-mudik-2012-20120801125615-8604.jpg]

Nah ... sebelum anda mudik, perhatikan benar keamanan rumah, jangan sampai anda kembali lagi rumahnya sudah tidak ada lagi, rumah nya sudah hilang ...wek

Berikut ada beberapa tips aman meninggalkan rumah saat mudik hari raya Idul Fitri yang harus dilakukan:

* Kunci Semua Pintu Rumah
Sebelum pergi untuk mudik, pastikan semua pintu rumah terkunci dengan aman. Mulai dari pintu kamar, dapur, teras, dan yang penting pintu depan atau pagar.

* Menyalakan Lampu Dalam Rumah
Agar rumah gak keliatan kosong atau ditinggal mudik, usahakan untuk menyalakan lampu di beberapa bagian dalam rumah, seperti di kamar, atau di ruang tamu.

* Titipkan Rumah ke Tetangga atau Pengurus RT/RW
Sebelum berangkat mudik, titipkan rumah ke tetangga yang gak mudik atau ke pengurus RT/RW. Usahakan juga bertukar nomor telepon dengan tetangga terdekat dan pengurus RT/RW yang tidak mudik agar bisa tetap berkomunikasi.

* Memberikan Tips ke Petugas Keamanan
Agar rumah lebih aman saat hendak mudik, selain menitipkan kepada tetangga atau pengurus RT, memberi uang tips kepada petugas keamanan "Satpam/Hansip di lingkungan perumahan agar 'lebih' mengawasi rumah Anda.

* Mencabut Peralatan Listrik dan Gas
Untuk mencegah terjadinya kebakaran dan menghemat listrik, matikan dan cabut colokan berbagai alat elektronik yang tidak digunakan, dan juga jangan lupa mencabut selang gas dari kompor saat sebelum meninggalkan rumah untuk mudik.

* Memasang Alarm dan Kamera Pengawas (CCTV)
Buat yang mampu, usahakan untuk memasang alarm untuk mencegah masuknya penjahat ke rumah atau memasang kamera pengawas (CCTV) di titik tertentu dalam rumah, seperti kamar tidur, ruang keluarga atau depan rumah.

* Menggunakan Jasa Keamanan Rumah
Biasanya banyak perusahaan penyedia jasa keamanan yang menawarkan tenaga pengamanan untuk ditugaskan menjaga khusus rumah atau ruko selama libur mudik Lebaran. Jadi, rumah lebih aman karena ada yang mengawasi.

Selamat Mudik.

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar