Senin, 20 Agustus 2012

Chef Cui, Robot Pembuat Mie dari China

Chef Cui, Robot Pembuat Mie dari China

ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Menghadapi kenaikan biaya tenaga kerja, pemilik restoran berkewarganegaraan China bernama Cui Runguan menjual ribuan robot pembuat mie bernama Chef Cui. Runguan mengklaim robot ini seperti robot pengganti tenaga kerja di pabrik.

Cara kerja robot ini hampir seperti manusia yang membuat mie dengan tangan sendiri. Robot ini memotong-motong adonan mie dan memasukkannya ke dalam panci dengan air mendidih.

Robot canggih ini dihargai Rp 1,8 juta, dan dikatakan lebih murah dibandingkan seorang chef yang digaji Rp 42,3 juta setiap tahunnya. Menurut penciptanya, robot chef ini bisa memotong mie lebih baik baik dari chef manusia.

Berita tentang penemuan Runguan sudah menjadi sensasi internet sejak Maret 2011. Saat ini sudah dalam tahap produksi dan sebanyak 3000 robot sudah laku terjual. Salah satu pembelinya adalah sebuah restoran di kota Jilin, bagian timur laut Provinsi Jilin, China. Resto ini berhasil menyedot pelanggan lewat atraksi robot pembuat mie yang berwujud seperti Ultraman ini.

Pemilik restoran, Qian Hu percaya bahwa tingkat efisiensi dengan pemakaian robot ini lebih tinggi daripada mempekerjakan seorang chef. “Yang lebih penting lagi, saya tidak perlu membayar dia dan untuk kerja berturut-turut selama 12 jam, robot ini hanya mengkonsumsi 3 kWh listrik. Mie yang dihasilkanpun lebih tipis dari yang dibuat chef manusia,” jelas Hu seperti dikutip dari eater.com.

http://4.bp.blogspot.com/-Jf5RCIxt6RU/UDGD_qQ-gZI/AAAAAAAAI3M/u_Swq4AOZzk/s1600/6814f750d18df98a6b3e_robot.jpg

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar