Jumat, 17 September 2010

Awal Mula Berdirinya Kerajaan Sumedanglarang

Dalam kisah putra Nabi Nuh, ditemukan nama pada waktu kecil bernama baginda Syah, kemudian beliau mempunyai putra Baginda Asram, beliau berputra Babar Buana, menurunkan putra Maha Patih, berputra Arga Larang, apuputra Bandul Gantangan, apuputra Sayar, apuputra Radjakana, apuputra Prabu Komara menurunkan putra :
1. Prabu Permana
2. Prabu Guru Adji Putih

1. Prabu Guru Adji Putih (Th. 900-950)
Sejak kecil beliau tidak pernah mengenyam keindahan istana, karena tinggal di Karesian, sehari-hari mendapat tempaan ilmu keagamaan. Setelah tumbuh dewasa kira-kira berusia 20 tahun, diperintah olah ayahnya bernama Prabu Komara agar mengamalkan ilmunya, maka sejak dari itu Prabu Guru Adji Putih mengadakan perjalanan keliling ke kawasan Bagala Asih Panyipuhan dengan melintasi Gunung Simpay, Mandalasakti, Gunung Penuh, Sawalangsungsang, kaki Gunung Sanghiyang, kemudian tiba di sebuah dusun kecil bernama Kampung Muara yang tida jauh dari kali Cimanuk.

Disitulah beliau mulai mengamalkan ilmunya dengan merekrut tokoh-tokoh masyarakat setempat. Memasuki abad ke-9 kira-kira tahun 900 Masehi beliau mendirikan kerajaan yang bernama Kerajaan Tembong Agung, pusat pemeritahan ditetapkan di Kampung Muara Desa Leuwihideung Kecamatan Darmaraja.

Kerajaan yang didirkan sederhana belum mendapat dukungan atau pengakuan dari seluruh rakyatnya, oleh karena sarana atau keperluan kerajaan belum terpenuhi. Dalam perkembangannya meminta bantuan kepada Raja Galuh sehingga terjadilah hubungan erat, selanjutnya menghantarkan pertemuan dengan putri Galuh bernama Nyi Mas Dewi Nawangwulan yang bergelar Ronggeng Sadunya.

Setelah melangsungkan pernikahan, Nyi Mas Dewi Nawangwulan diboyong ke Istana Kerajaan Tembong Agung (Tembong = tampak, Agung = tinggi), ungkapan cita-cita bahwa kelak akan menjadi kerajaan yang besar dan berdaulat.

Perkawinan dengan Nyi Mas Dewi Nawangwulan melahirkan putra mahkota :
1. Prabu Tadjimalela
2. Prabu Sokawayana
3. Prabu Harisdarma
4. Prabu Langlang Buana

Setelah putra mahkota tumbuh dewasa, Prabu Guru Adji Putih turun tahta selanjutnya menobatkan putra sulungnya Prabu Tadjimalela pada saat terang bulan tahun Saka atau pada tahun 950 – 980 M. sedangkan Prabu Sokawayana mendapat perintah untuk memperluas wilayah kekuasaan ke kawasan Gunung Tampomas maka beliau mendirikan Medang Kahiyangan. Prabu Harisdarma mengadakan perluasan wilayah kekuasaan ke kawasan Garut di sekitar kaki Gunung Haruman, beliaulah yang menurunkan para menak di kawasan Garut. Putra bungsu atau Prabu Langlang Buana mengadakan perluasan wilayah ke kawasan Barat disekitar kaki Gunung Manglayang atauj daerah Sukapura (Bandung).

Prabu Guru Adji Putih yang bertahta dari tahun 900 – 950 Masehi, setelah menyerahkan kekuasaannya kepada putranya menjadi Resi, dengan mengadakan perjalanan keliling ke kawasan Cipeueut. Kemudian menetap di daerah tersebut, selanjutnya mengembangkan Padepokan Bagala Asih Panyipuhan yang telah dirintis oleh Sanghiyang Resi Agung (pada abad ke-8).

Kesibukan mengajar para catriknya,tak menjadi perintang dalam mengembangkan niaganya. Beliau dikenal sebagai saudagar rempah-rempah yang mempunyai hubungan dengan Kerajaan Sunda Galuh.
Pada abad itu pula tersiar kabar bahwa para saudagar dari Srilangka mendarat di pantai selatan pulau Jawa, kemudian menetap di kota-kota kecil seperti Garut dan Cirebon. Saudagar tersebut mempunyai hubungan dagang dengan saudagar Islam yang telah disebut-sebut dalam wangsit leluhurnya.

Kedatangan mereka mendorong Prabu Guru Adji Putih melakukan pengkajian wangsit-wangsit leluhurnya (amanah), diantaranya : “Hiji waktu jalan kaarifan baris molongpong ti panto Mekah nepi ka Pulo Tutung (Afrika), jalma antay-antayan neangan kaarifan, tapi maranehna teu nyaho nu disebut arif” artinya : “Suatu saat jalan kaarifan akan membujur dari pintu Mekah sampai ke Pulau Hitam (Afrika), mereka berbondong-bondong mencari kearifan, tetapi mereka tidak tahu apa yang disebut arif”.

Wangsit itu mendorong untuk membuka hubungan niaga dengan saudagar rempah-rempah dari Teluk Persia yang menetap di Cirebon Girang. Hubungan kerjasama niaga menghantarkan Prabu Guru Adji Putih berlayar menuju negeri Mekah, dengan tujuan mengembangkan niaga.

Di Kota Mekah bertemu dengan Syekh Ali keturunan Pangeran Baghdad. Sejak itulah Prabu Guru Adji Putih mulai mengenal ajaran Islam, bahkan secara ikhlas masuk agama Islam. Kemudian sepulangnya dari Mekah, diperintahkan agar mendirikan tempat wudhu tujuh muara, setelah itu diharuskan mendirikan Mesjid Jami (Rumah Allah).

Setibanya di tanah air, beliau mendirikan tempat wudhu tujuh muara, dikenal dengan nama-nama yang menggunakan bahasa ibunya, seperti : (1) Cikahuripan, (2) Cikajayaan, (3) Cikawedukan, (4) Cikatimbulan, (5) Cisundajaya, (6) Cimaraja, (7) Cilemahtama.

Cikahuripan
Maknanya adalah barangsiapa yang berwudhu di situ maka akan memperoleh kemulyaan hidup, ditemukan di sekitar kaki Gunun Lingga kawasan Desa Cimarga Kecamatan Darmaraja.

Cikajayaan
Maknanya adalah simbol dari keinginan, barang siapa yang berwudhu disitu, akan memperoleh keunggulan (kejayaan) termasuk disegani dan awet muda. Ditemukan di kawasan Paniis kampong Cieunteung Desa Sukanagara Kecamatan Darmaraja.

Cikawedukan
Maknanya barang siapa yang berwudhu dan mandi disitu, dilandasi keyakinan, akan memperoleh kekuatan lahir batin, atau tidak akan tembus senjata tajam.

Cikatimbulan
Maknanya adalah barang siapa yang melakukan ma’rifat. Kemudian berwudhu dan mandi disitu maka akan mampu menghilang (halimunan) atau dapat tembus pandang, timbul tenggelam adalah khasiat yang sangat utama.

Cisundajaya
Maknanya adalah barang siapa yang meyakini ilmu-ilmu leluhur Sunda, kemudian berwudhu dan mandi disitu, akan memperkuat kejayaan Kisunda. Sunda dalam pandangan Prabu Guru Adji Putih, (Sun = bagus, Da = Dawa artinya panjang, terbagus dan terpanjang dalam rentang kejayaan).

Cimaraja
Maknanya adalah barang siapa yang mempelajari ilmu kepemimpinan, kemudian mandi dan berwudhu di situ, akan memperoleh charisma dalam memimpin rakyat. Raja adalah pemimpin utama yang menentukan arah kehidupan rakyatnya.

Cilemahtama
Maknanya barang siapa yang menderita penyakit lahir maupun batin, kemudian mandi dan berwudhu di situ, akan disembuhkan dari bencana penyakit. Situs tersebut ditemukan di Cipeueut Desa Cipaku Kecamatan.

Darmaraja.
Setelah menyelesaikan tempat-tempat wudhu tersebut, Prabu Guru Adji Putih berniat mendirikan Mesjid Jami, dengan memilih tempat di kawasan Nagrog yang terletak di kaki Gunung Lingga. Akan tetapi rencana tersebut gagal karena tidak mendapat dukungan dari rakyat. Sampai sekarang tempat tersebut dikenal dengan Gunung Masigid.

Selanjutnya beliau kembali ke Keresian Bagala Asih Panyipuhan, bahkan lebih memusatkan kepada syiar agama, dengan memanfaatkan pendekatan adat tradisi budaya, kesenian dan pendekatan sosial kemasyarakatan.

Pandangan-pandangan Budaya
Prabu Guru Adji Putih setelah pergi ke Mekah dinobatkan sebagai Haji Darmaraja atau disebut Haji Purwa Sumedang (sosok yang pertama kali gelar haji di Darmaraja atau Sumedang), dengan gelar Prabu Guru Haji Adji Putih.

Selain Resi yang cukup dikenal, juga sebagai ahli fakir yang merangkai pandangan-pandangan budaya yang mengunakan landasan Islam. Beliau menciptakan Syahadat dan ilmu Kacipakuan, artinya Pengakuan atau Ikrar kesaksian terhadap sejarah tumpah darahnya yang berbunyi “Sir budi cipta rasa, Sir rasa papan raga, dzat marifat wujud kula” kemudian disempurnakan oleh anak cucunya menjadi “Sir budi cipta rasa, Sir rasa papan raga, dzat marifat wujud kula, maring Prabu Purbawisesa, Prabu Teras Wisesa, Eyang Haji Darmaraja, maring Ingsun” artinya: Getaran jiwa menciptakan perasaan, getaran perasaan menjembatani jasad, dzat (ruh) untuk mengetahui diri sendiri, dekatlah dengan Prabu Purbawisesa (Maha Pencipta), Prabu Teras Wisesa (pencipta landasan hidup), Haji Darmaraja (Prabu Guru Haji Adji Putih), masuklah ke dalam jiwaku.

Selain itu beliau menciptakan simbol alif yang dinukilkan kedalam bentuk pusara atau batu nisan (tunggul kuburan), menunjukkan bahwa Tuhan itu satu. Jikla alif dijabar bunyinya a, artinya akal, jika alif dijeer bunyinya i artinya iman, jika dipees artinya u artinya usaha. Tiga unsur itulah merupakan sumber kekuatan hidup. “Akal hade, usaha getol lamun teu iman, rea jalma beunghar tapi dunyana (pakaya) teu mangfaat. Iman hade, akal hebat tapi embung usaha hirupna ngayuni tatangkalan. Usaha hade, iman hade, tapi teu boga akal, rea jalma pinter kabalinger, temahna nyempitkeun ilmu agama”.

Menjelang akhir hayatnya, beliau melakukan marifat di Cipeueut (menyempurnakan ilmunya) hingga meninggal dunia.

Makam Prabu Guru Haji Adji Putihj ditemukan di Pajaratan Landeuh Cipeueut Desa Cipeueut Desa Cipaku Kecamatan Darmaraja.

2. Prabu Tadjimalela (950 – 980 M)
Prabu Tadjimalela naik tahta pada tahun 950 – 980 M, dengan batas wilayah kekuasaan meliputi sepanjanng kali Cimanuk yang membujur dari selatan ke utara. Batas wilayah tersebut berdasarkan pengakuan yang berpijak di atas landasan teori perkiraan. Di awal pemerintahannya, mengganti nama Kerajaan Tembong Agung menjadi Kerajaan Hibar Buana yang memuat tentang angan-angan atau suatu cita-cita. Hibar = temaran cahaya, Buana = alam, menyimbolkan keinginan bahwa satu saat kerajaan tersebut akan menjadi kerajaan besar.

Pada saat sedang menata kerajaan, muncul pemberontakan di kawasan kaki Gunung Tjakrabuana, dipimpin oleh Gagak Sangkur yang didukung oleh wadya balad Talaga. Tujuannya ingin menghancurkan kekuasaan Prabu Tadjimalela. Kemudian Prabu Tadjimalela membawa pasukan ke kawasan tersebut, terjadi pertempuran di kawasan kaki Gunung Tjakrabuana lalu melebar ke daerah Malangbong dan Limbangan Garut. Pasukan Gagak Sangkur dapat dipukul mundur, lalu ditangkap. Sewaktu akan diadili, ia menyerah atau tunduk, bahkan bersedia untuk mengabdi kepada Prabu Tadjimalela. Selanjutnya diangkat sebagai Patih Agung. Berkat dukungan Patih Gagak Sangkur, Prabu Tadjimalela berhasil memperluas wilayah kekuasaan ke wilayah selatan, sejak itulah Limbangan dan Malangbong Garut berada dalam kekuasaan Prabu Tadjimalela.

Satu saat beliau melakukan tafakur tujuannya untuk memperoleh petunjuk dan kekuatan dari khaliqnya, dengan harapan Kerajaan menjadi besar. Bisikan gaib mendorong beliau untuk meninggalkan Istana Kaprabon, kemudian melakukan tafakur di sebuah bukit Sangkanjaya yang terletak di deretan Gunung Sanghiyang. Saat melakukan tafakur beliau melihat tebaran cahaya yang menyilaukan, laihrlah sebuah ungkapan “Ingsun medangan” kira-kira aku melihat cahaya di tempat yang mulia. Dari ucapan tersebut berkembang menjadi nama sebuah Kerajaan, yaitu Kerajaan Sumedanglarang. Su dari perkataan insun = aku, medang = cahaya, larang = suatu tempat yang penuh dengan pantangan dan tantangan atau tempat yang mulia. Sejak itulah Kerajaan Sumedanglarang dikenal ke pelosok kota Sunda Galuh.

Prabu Tadjimalela (Tadji = tajam, malela = selendang) mengakhiri masa kesendiriannya dengan menikahi Nyi Mas Putri Galuh Pakuan, melalhirkan putra-putra mahkota :
1. Prabu Lembu Agung
2. Prabu Gajah Agung
3. Sunan Ulun

Prabu Lembu Agung dan Gajah Agung lahir secara bersamaan atau kembar. Setelah putranya dewasa, ada tanda-tanda Prabu Tadjimalela untuk meletakkan kekuasaan. Akan tetapi sadar bahwa kedua putra yang kembar itu sama-sama mempunyai hak memangku tahta nobat. Untuk menentukan pilihan, Prabu Tadjimalela membuat simbol yang memuat tuntuan moral yang melandasi kearifan. Maka kedua putranya diperintahkan agar melakukan tapa brata denganj simbol kelapa muda (duwegan). Barang siapa kelapa muda yang ditafakurinya tidak berair, maka tidak berhak menjadi raja. Keputusan itu disepakati oleh kedua putranya, kemudian mereka pergi meninggalkan istana Sumedanglarang. Selama empat puluh hari empat puluh malam melakukan kegiatan perenungan atau mengembarakan batiniahnya kea lam dimensi luar. Setelah selesai semedi, sama-sama mengupas kelapanya, namun kelapa muda milik Prabu Lembu Agung tak ada airnya. Ia menyadari bahwa dirinya tidak berhak menjadi raja, maka mendukung adik kembarnya sebagai calon Raja Sumedanglarang.

Prabu Gajah Agung tidak menerima begitu saja atau menolak terhadap keputusan kakak kembarnya, karena tidak mempunyai niat mengubah tradisi penyerahan Tahta Kerajaan, putra sulung yang berhak meneruskan kekuasaan ayahnya. Selain itu ajaran budaya Kasumedangan melandasi pandangan “Kasaluhureun ngahormat, kasahandapeun ngarahmat”. Hal itu pulalah yang melandasi pendapat adik kembarnya.

Namun perdebatan bertambah seru. Masing-masing mempunyai pendapat, Prabu Lembu Agung beralasan harus patuh terhadap perintah ayahnya. Akhirnya perdebatan diakhiri pertarungan seru, akan tetapi tidak ada tanda-tanda yang mengalah.

Prabu Tadjimalela peka menyimak gelagat buruk yang terjadi, kemudian memanggil putranya yang sedang bertarung, baru pertarungan berhenti. Tadjimalela menasehati agar perbedaan pendapat tak diselesaikan dengan kekuatan fisik.

Prabu Lembu Agung beralasan bahwa pertarungan tersebut membela amanat orang tua “Ciduh indung matak metu, reuhak bapa matak teurak, nuking nonggong ka indung bapa, waruga kabalur ku dosa” demikian juga Prabu Gajah Agung mempunyai alasan bahwa pertarungan itu hanya untuk membela hak kakaknya, karena saudara yang lebih dulu lahir ke dunia harus dihormati dan dijaga hak-haknya.

Prabu Tadjimalela memahami pendapat kedua putranya yang berbeda, tetapi maknanya sama-sama mengusahakan kebaikan. Kemudian menasehati bahwa kearifan penuntun kebenaran sejati, juga ibarat cahaya yang muncul dengan seketika, lalu menerangi seluruh alam pikiran manusia “Ngayuh kasampurnaan hurip bawa kasalna, ngudi sajatining becik” artinya: Mencapai kesempurnaan hidup, akan selalu mengusahakan kebenaran dan kebaikan sejati.

Setelah memberi nasehat, beliau memutuskan bahwa Prabu Lembu Agung sebagai calon raja. Lembu Agung bersedia tetapi hanya sekedar raja, sebab yang berhak memegang tahta kerajaan adalah adiknya. Maka Prabu Lembu Agung diangkat jadi raja pada saat terang bulan Tahun Saka.

Setelah Prabu Tadjimalela turun tahta, beliau menjadi resi kemudian mengadakan perjalanan keliling ke kawasan Gunung Lingga, disitu melakukan marifat dalam upaya meyempurnakan ilmunya. Selama jadi Resi, banyak menciptakan pandangan-pandangan budaya yang disebut budaya Kasumedangan atau dalam istilah lain Ilmu Kasumedangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar