Selasa, 04 Mei 2010

Satgas Cassoex-1- Bertolak ke Kupang

Korvet kelas Parchim KRI Untung Surapati-872. (Foto: TNI AL)

04 Mei 2010, Surabaya -- Pasukan TNI Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Laut Australia (RAN) yang tergabung dalam Satuan Tugas Cassoex-10 bertolak menuju Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pasukan dari unsur KRI Kerapu-812 dan KRI Untung Suropati-872 bertolak dari markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung, Surabaya, Selasa.

Prajurit itu akan belatih selama tujuh hari di Kupang bersama dengan pasukan RAN. Menurut Komandan Satgas Cassoex-10 Letkol Laut (P) Rudhi Aviantara latihan tersebut akan dibuka Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII/ Kupang Laksamana Pertama TNI Amri Husaini pada 12 Mei 2010.

Dalam latihan itu, RAN mengerahkan dua kapal perangnya, yakni HMAS Bathrust P-85 dan HMAS Pirie P-87. Kedua pasukan angkatan laut itu akan melakukan latihan manuver di perairan Laut Timor.

"Selanjutnya latihan manuver dilakukan di perairan Australia dan merapat di Dermaga Darwin," kata Rudhi.

Latihan bersama pasukan TNI-AL dan RAN dengan menggunakan sandi Cassoex itu telah dilakukan beberapa kali.

"Kedua belah pihak merasa latihan ini saling menguntungkan, baik dari segi teknis maupun taktis matra laut," katanya.

Oleh sebab itu, dia berharap latihan bersama itu terus memberikan dampak positif di masa yang akan datang, terutama dalam membina dan meningkatkan hubungan diplomatik antarkedua negara bertetangga itu.

ANTARA Jatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar