Selasa, 19 Januari 2010

TNI Prioritaskan Putra Daerah Tempati Kodam Pemekaran

Markas Kodam VI Tanjungpura di Balikpapan. (Foto: hudda)

19 Januari 2010, Balikpapan -- Komando Daerah Militer VI Tanjungpura Kalimantan lebih memprioritaskan putra daerah untuk penempatan Kodam baru terbentuk. TNI rencananya membentuk Kodam baru membawahi kawasan Kalimantan Tengah maupun Barat.

"Prioritas kami putra daerah setempat," kata Kepala Penerangan Kodam Tanjungpura, Letnan Kolonel Bagus A Hardinoto, Selasa (19/1).

Bagus mengatakan, TNI mempunyai standar serta kualitas sendiri dalam penerimaan seluruh prajurit TNI. Sehubungan adanya pemekaran Kodam, TNI tetap mencari putra-putra terbaik daerah. "Artinya saat ada dua calon dengan kualitas yang sama, kami pilih asli putra daerah," ungkapnya.

TNI akan mengembangkan Kodam XII Tanjungpura di Pontianak yang membawahi Kalimantan Tengah dan Barat. Kodam baru ini akan diresmikan Kepala Staf Angkatan Darat pada April mendatang.

Kodam Tanjungpura, jelas Bagus, akan beralih nama jadi Kodam VI Mulawarman membawahi Kalimantan Timur dan Selatan. Sebagian personelnya akan dipindahkan ke Kodam Tanjungpura di Pontianak. "Setiap Kodam harus ada tiga ribu personel, sehingga 35 persen nantinya berasal dari Kodam di Balikpapan," ungkapnya.

Bagus menyebutkan, personel TNI berpangkat perwira menengah hingga prajurit berasal Kodam dan Mabes TNI. Secara bertahap, TNI akan melakukan penambahan kesatuan Korem, Kodim, Koramil, dan batalyon. "Secara bertahap di Kodam Tanjungpura dan Mulawarman," tuturnya.

Kajian pengembangan Kodam Tanjungpura di Pontianak sedang dibahas di Departemen Pertahanan bersama Mabes TNI. Kajian ini merupakan respons pengamanan perbatasan Kalimantan serta rencana jangka panjang TNI.

TEMPO Interaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar