Senin, 18 Januari 2010

Satu Kodam Lagi Segera Dibentuk di Pontianak


19 Januari 2009, Balikpapan -- Wilayah Kalimantan yang merupakan daerah tanggung jawab operasi Kodam VI/Tanjungpura yang berpusat di Balikpapan, Kaltim tidak lama lagi akan dibagi dua.

Pembagian daerah ini berkaitan dengan akan diresmikannya Kodam baru di Pontianak. Pembentukan Kodam baru ini diperkirakan akan secara resmi disahkan sekitar awal Triwulan II 2010 ini.

Saat ini Kodam VI/Tpr sudah mulai mempersiapkan diri tentang rencana pembentukan Kodam baru ini mulai dari persiapan pangkalan di Pontianak, pengisian personel hingga rencana pemenuhan kebutuhan perlengkapan.

Kodam baru nantinya akan berlokasi di Pontianak dengan menggunakan Kantor Korem 121/Abw yang ada sekarang. Sementara sambil menunggu pembangunan Makodam yang baru yang akan dilaksanakan tahun ini juga. Sedangkan Korem 121/Abw yang ada sekarang akan dipindahkan ke Sintang, tulis Pendam VI/Tanjungpura dalam siaran persnya.

Kodam baru ini direncanakan akan diberi nama Kodam XII/Tanjungpura dengan daerah operasional meliputi provinsi Kalimantan Barat dan provinsi Kalimantan Tengah. Sedangkan Kodam VI/Tanjungpura yang saat ini berada di Balikpapan akan berubah nama menjadi Kodam VI/Mulawarman dengan daerah operasional meliputi Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Dalam proses pembentukan Kodam baru ini, perencanaan dan persiapan telah dilakukan oleh Kodam VI/Tpr termasuk memprioritaskan peralatan dan personel Kodam VI/Tpr yang ada saat ini untuk mengawaki Kodam baru tersebut.

Pembentukan Kodam baru ini merupakan bagian dari Rencana Strategis TNI, mengingat wilayah Kodam VI/Tpr saat ini dirasakan terlalu luas sehingga rentang komando dan pengendalian menjadi lebih sulit pula.

Luasnya wilayah Kalimantan berdampak pada besarnya beban dan tanggung jawab yang harus diemban oleh hanya satu Kodam saja seperti yang berlangsung saat ini sehingga tingkat kesiapan operasional menjadi kurang maksimal.

PELITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar