Senin, 30 November 2009

Pangdivif Tinjau PPRC

KRI Teluk Bone-511 digunakan mengangkut prajurit yang tergabung dalam Satgasla PPRC TNI. (Foto: koarmabar.mil.id)

30 November 2009, Jakarta -- Panglima Divisi I Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangdiv I Kostrad), Mayor Jenderal TNI Hatta Syafruddin, meninjau embarkasi personel dan material tempur.

Dia didampingi Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Barat (Danguspurlabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Didit Herdiawan, MPA, MBA, Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kas Kolinlamil) Laksma TNI R.M. Harahap dan Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla) Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI, Kolonel Laut (P) Didin Zaenal Abidin S,sos, MM.

Personel itu diangkut menggunakan tiga KRI yakni KRI Teluk Penyu-513, KRI Teluk Bone-511 dan KRI Teluk Cirebon-543 yang tergabung dalam Satgasla PPRC TNI, di dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin (30/11).

Personel dan material tempur tersebut nantinya akan digunakan pada manuver lapangan yang merupakan puncak latihan PPRC TNI 2009.

Kapal TNI AL Latihan Tempur

KRI Kapitan Patimura-371.

KRI Kapitan Patimura-371 yang tergabung dalam Satuan Kapal Eskorta Armada RI Kawasan Barat (Satkorarmabar) melaksanakan latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat 1/L1, di Pangkalan Angkatan Laut Pondok Dayung Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (26/11).

Komandan Satkorarmabar, Kolonel Laut (P) I Wayan Suarjaya, bertindak sebagai inspektur pada upacara pembukaan di Geladak KRI Kapita Patimura-371.

Dansatkor mengatakan, untuk dapat mewujudkan kemampuan TNI AL baik dalam kemampuan taktis dan teknis diperlukan pembinaan latihan dalam rangka mencapai tingkat siap operasional bagi unsur TNI AL.

Pembinaan latihan pada dasarnya merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan dan kehandalan unsur dan satuan tempur guna mencapai kesiapan operasional yang dipersyaratkan, kata Wayan.

Pola yang dilaksanakan TNI AL khususnya unsur melalui latihan bertingkat dan berlanjut melalui Glagaspur Tingkat 1 sampai dengan Tingkat 4.

Glagaspur Tingkat 1/L1 terhadap KRI Kapitan Patimura-371 yang dikomandani Letkol Laut (P) Joko Triwantono ini diharapkan agar Anak Buah Kapal (ABK) mampu menguasai pos tempur dan prosedur yang berlaku berfungsi sesuai reka bentuknya, sehingga dapat melanjutkan pertahapan Glagaspur pada tahap selanjutnya.

Pelaksanaan Glagaspur ini merupakan tolok ukur pertama bagi segenap pengawak KRI apakah kapal ini sudah siap untuk melaksanakan kegiatan operasi yang akan diembannya atau belum. Sehingga dalam pelaksanaannya agar dilaksanakan secara sungguh-sungguh sesuai dengan prosedur yang berlaku bagi tipe dan jenis kapal ini.

Dispenarmabar/POS KOTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar