Rabu, 11 November 2009

Kasad: Tidak Ada Perubahan Kebijakan

Bertindak sebagai inspektur upacara Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso. Dalam sambutannya Djoko meminta George melanjutkan kepemimpinan di tubuh TNI AD dengan profesional. (Foto: detikFoto/Ramadhian Fadillah)

11 November 2009, Jakarta -- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Letnan Jenderal TNI George Toisutta mengatakan, tidak ada kebijakan baru di TNI AD kendati terjadi pergantian pimpinan di matra darat itu.

"Saya akan teruskan apa yang telah ditetapkan oleh pejabat lama," katanya, usai menerima jabatan Kepala Staf Angkatan Darat dari Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo di Jakarta, Rabu.

George juga menegaskan, keberadaan komando teritorial tetap diperlukan agar seluruh wilayah Indonesia, dapat diawasi dan dijaga dari penyusup.

"Kalau Komando Teritorial ditiadakan, negara ini ini kosong dan mudah dimasuki dong," katanya.

Kasad menambahkan, salah satu kebijakan yang akan dilanjutkan adalah pembentukan Komando Daerah Militer di Kalimantan Barat dan Papua.

"Ya itu tetap, kodam di Kalimantan Barat dan menyusul Papua," katanya, singkat.

George juga menegaskan komitmen TNI Angkatan Darat untuk membantu Polri dalam pemberantasan terorisme.

George (kiri) menjadi KSAD yang ke-26. (Foto: detikFoto/Ramadhian Fadillah)

George Toisutta adalah lulusan Akademi Militer 1976 dan mengawali karir militer pada 1978 sebagai komandan pleton.

Sepuluh tahun kemudian, ayah tiga anak ini diangkat menjadi Kasi-2 Ops Brigif-1/PIK Kodam Jaya, dan satu tahun kemudian dipercaya menjadi Wakil Komandan Yonif-201/JYB Kodam Jaya.

Alumni Sesko Angkatan Darat 1992 itu lalu menduduki jabatan Kepala Staf Divisi 2 Kostrad, Kasdam Jaya pada 2003, Pati Mabes TNI pada 2003 dan pada 2004 dipromosikan menjadi Panglima Divisi 1 Kostrad.

Karir militernya terus menanjak ketika pada 2005 pria kelahiran Ujungpandang itu diangkat menjadi Pangdam XVII/Trikora, dan Pangdam III/Siliwangi pada 2006 dan terakhir Panglima Kostrad.

George juga sempat melaksanakan tugas dalam operasi militer di Timor Leste dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

Pertama Kali Terjadi, Kapolri Hadiri Sertijab KSAD

Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri menghadiri upacara serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Darat dari Jenderal Agustadi Sasongko Purnomo kepada Letjen George Toisutta di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta, Rabu (11/11).

Kapolri datang sekitar pukul 08:45 WIB di tempat lokasi serah terima jabatan yang dipimpin Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso.

Kedatangan Kapolri ke acara serah terima jabatan KSAD merupakan hal yang pertama kali terjadi. "Sebelumnya, tidak pernah Kapolri hadir, baru kali ini beliau hadir pada acara ini," kata salah seorang perwira TNI Angkatan Darat. Keberadaan Kapolri pada acara serah terima itu juga menimbulkan tanda tanya sejumlah wartawan.

Acara ini dimeriahkan drum band akademi militer dan defile pasukan upacara yang terdiri dari unsur-unrur TNI AD, seperti Kostrad, Kopassus dan Raider. (Foto: detikFoto/Ramadhian Fadillah)

Kendaraan tempur milik TNI AD juga ikut ambil bagian dalam acara ini. (Foto: detikFoto/Ramadhian Fadillah)

Selain Kapolri, hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Angkatan Udara baru Marsekal Madya Imam Sufaat dan Wakil kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya Moeklas Sidiq. Hadir pula sejumlah mantan KSAD seperti Wismoyo Arismunandar, Hartono, dan Ryamizard Ryacudu serta para mantan panglima TNI seperti Wiranto dan Endriartono Sutarto.

Acara serah terima jabatan KSAD, dimeriahkan berbagai defile taruna Akademi Militer dan satuan-satuan TNI AD.

ANTARA News/MEDIA INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar