Minggu, 22 November 2009

KASAD Pimpin Sertijab Pangdam Iskandar Muda

KASAD TNI Letjen George Toisutta (kiri) memasang tanda pangkat kepada Pangdam Iskandar Muda yang baru dilantik, Brigjen TNI Hambali Hanafiah (kanan) didampingi Pangdam lama, Mayjen TNI Soenarko (2 kanan) dalam upacara serah terima jabatan di Banda Aceh, Jumat (20/11). Sertijab yang dihadiri Wagub Aceh, Muhammad Nazar dan para anggota dewan serta ulama itu dimeriahkan dengan simulasi teror. (Foto: ANTARA/Ampelsa/Koz/hp/09)

20 November 2009, Banda Aceh -- Jabatan Panglima Kodam Iskandar Muda diserahterimakan dari Mayor Jenderal TNI Soenarko kepada Brigadir Jenderal TNI Hambali Hanafiah dengan Inspektur Upacara Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI George Toissuta di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat (20/11).

Mayjen TNI Soenarko selanjutnya menempati jabatan yang baru sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Kodiklatad dan pejabat Panglima Kodam IM yang baru sebelumnya menjabat Kasdam XVII/Cenderawasih.

Kasad mengatakan, serah terima jabatan pada pucuk pimpinan Kodam Iskandar Muda ini, merupakan bagian dari pembinaan personel yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan perwira yang bersangkutan dalam dimensi kepemimpinan, manajerial serta profesionalisme keprajuritan yang diperlukan untuk mengemban tugas-tugas selanjutnya.

Menurut Kasad, dengan memberikan pengalaman melalui penugasan yang beragam dan berjenjang, diharapkan terhadap para perwira yang terkait dengan alih tugas dan jabatan itu, dapat meningkatkan kemampuan berfikir, bersikap dan bertindak dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

Sebagai Kotama Operasional TNI dan Kotama Pembinaan Angkatan Darat, Kodam Iskandar Muda bertugas menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat di Provinsi Aceh, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Untuk dapat melaksanakan tugas yang mulia itu, Kasad mengingatkan kepada seluruh jajaran Kodam Iskandar Muda untuk melakukan upaya-upaya secara terus menerus dalam membangun kemampuan dan kekuatannya, sehingga prajurit dan satuan-satuan Kodam Iskandar Muda selalu solid, profesional dalam bidangnya, tangguh di setiap medan penugasan, serta memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dan selalu mencintai dan dicintai rakyat.

KASAD TNI Letjen GeorgeToisutta (tengah) bersama Pangdam Iskandar Muda yang baru dilantik, Brigjen TNI Hambali Hanafiah (kiri) dan Pangdam lama, Mayjen TNI Soenarko (kanan) melakukan salam komando usai sertijab di Banda Aceh. (Foto: ANTARA/Ampelsa/Koz/hp/09)

Aparat keamanan terlibat perkelahian dengan kelompok teroris yang menyandera seorang pejabat di Banda Aceh, Jumat (20/11). Latihan yang diparagakan usai serahterima jabatan Pangdam Iskandar Muda yang baru tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan prajurit TNI menumpas terorisi dan mempertahankan kedaulatan NKRI. (Foto: ANTARA/Ampelsa/ss/pd/09)

Salah seorang teroris bersepeda motor melompati mobil rekan mereka yang melarikan di Banda Aceh, Jumat (20/11). (Foto: ANTARA/Ampelsa/ss/pd/09)

Berkaitan dengan masih adanya beberapa kasus teror dan kriminal bersenjata di Aceh, Kasad mengharapkan kepada seluruh personel Kodam IM dalam penanganannya hendaknya disikapi dengan arif dan bijaksana, melalui kerjasama dengan melibatkan seluruh komponen bangsa di daerah ini, serta berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan Pemerintah Daerah untuk menutup peluang dan kesempatan para penjahat, para pelaku kriminal dan para pelaku tindak pidana untuk melakukan aksinya.

Menanggapi pertanyaan wartawan adanya terror terhadap warga asing di Aceh Kasad menegaskan, pengamanan situasi Aceh termasuk terhadap warga asing sepenuhnya di tangani pihak Kepolisisan, TNI AD membantu pengamanan apabila diminta pihak Kepolisian. "Pada dasarnya Angkatan Darat membantu sepenuhnya pengamanan wilayah Aceh termasuk pengamanan terhadap warga sipil yang ada di Aceh”, tegas Kasad.

Pada kesempatan berbeda Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hj. Nur Alam George Toisutta memimpin serah terima Ketua Persit PD Iskandar Muda dari Ny. Rini Soenarko kepada Ny. Nita Hambali di Gedung Balai Teuku Umar Kodam Iskandar Muda.

Selanjutnya usai memimpin serah terima jabatan, Kasad menyaksikan demonstrasi pembebasan sandera dan menerima defile pasukan dilanjutkan dengan memberikan pengarahan dan bertatap muka dengan para prajurit jajaran Kodam IM di Lapangan Makodam Iskandar Muda.

Pendam IM/Dispenad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar