Sabtu, 02 Mei 2009

Paspampres Makin Waspada


2 April 2009, Jakarta -- Menyusul insiden pelemparan batu ke arah mobil dinas Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Kamis lalu, Pasukan Pengamanan Presiden kini meningkatkan kewaspadaan. Sampai saat ini belum dipastikan apakah insiden pelemparan itu dilakukan terencana atau secara spontan.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayor Jenderal Marciano Norman menyampaikan hal itu, Jumat (1/5).

”Ke depan, tentunya kita tidak boleh mengabaikan hal seperti itu. Kewajiban Paspampres adalah meningkatkan kewaspadaannya. Paspampres berkoordinasi dengan polda dan kodam di wilayah. Pada setiap kegiatan VVIP, kami akan meningkatkan kewaspadaan,” ujar Marciano.

Paspampres bertanggung jawab mengamankan presiden dan wakil presiden beserta keluarganya dalam seluruh kegiatan mereka. Meskipun dilakukan peningkatan kewaspadaan, Marciano mengatakan, Paspampres saat ini tidak menambah jumlah personel keamanan.

Ia juga menegaskan, peningkatan kewaspadaan Paspampres ini tidak lantas mengisyaratkan bahwa insiden pelemparan batu ke mobil Wapres Kalla itu terjadi karena lemahnya kewaspadaan saat itu.

”Ring satu pengamanan kami kan rangkaian kendaraan, lemparan itu datang dari luar. Begitu dia melempar, kami langsung tangkap pelempar itu dalam waktu yang sangat singkat. Kalau tidak kami tangkap, berarti kami tidak waspada,” katanya

Marciano menjelaskan, pihak kepolisian dan Paspampres masih terus memeriksa Zulkarnaen (45), pelempar batu itu.
(KOMPAS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar