Kamis, 14 Mei 2009

C-17 Globemaster III RAAF Mendarat di Lanud Halim Perdanakusumah


14 Mei 2009, Jakarta -- Pesawat angkut berat jenis C-17 Globemaster III milik Royal Australia Air Force (RAAF) mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma tepat pukul 14.30 wib, dalam kunjungan Goodwill Visit 2009, Rabu (13/5).

Pesawat yang bertubuh tambun untuk angkut pasukan maupun kargo jarak jauh buatan pabrik Boeing yang berbasis di Long Beach, California tersebut, akan melakukan static display di Apron Selatan (Eks terminal haji) selama dua hari 14-15 Mei 2009, yang sebelumnya melakukan hal yang sama di Pangkalan Butterwoth, Malaysia.

Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Imam Sufaat, S.IP didampingi Kepala Staf Koopsau I Marsekal Pertama TNI Eddy Suyanto serta Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Boy Syahril Qamar, SE sedang berpose bersama Air Commodore Oddie di depan pesawat Royal Australian Air Force C-17 Globemaster III dalam acara Good Will Visit di Appron Bandara Terminal Haji, Halim Perdanakusuma, Kamis (14/5).

C-17 Globemaster III mampu mengangkut sebanyak tiga kompi pasukan tersebut saat ini telah dioperasikan dan dimiliki oleh beberapa negara diantaranya Amerika Serikat (USAF) mengoperasikan sebanyak 175 unit, enam Inggris (RAF), empat Kanada (Ensign of the RCAF) dan empat Australia (RAAF) serta Qatar menandatangani kontrak dengan Boeing untuk pembelian sejumlah pesawat C-17.

Pesawat angkut raksasa ini dapat mengisi bahan bakar di udara (Air Refueling), dan mampu melakukan penerbangan antar benua serta mendarat di landasan pendek dan buruk. selain digunakan untuk penerbangan militer pesawat ini dapat digunakan misi bantuan kemanusiaan dengan melakukan penerjunan barang lewat udara (Heavydrop).


C-17 RAAF yang ber-Home Base di Amberley, Brisbane, dalam Goodwill Visit 2009 dipimpin oleh Air Lift Group Commander Air Commodore John Oddie dan Public affairs Flying Officer Eamon Hamilton serta di piloti oleh Flight Lieutenant Mattew Nunn, diterima oleh Paban IV Hublu Spamau Kolonel Pnb. Rachman Haryadi, Paban III Lat. Sopsau, Danwing I Halim P Kolonel Pnb. Sri Mulyo Handoko dan Kadisops Lanud Halim P. Kolonel Pnb. Djoko Seno Putro, serta Athan Australia di Jakarta Kolonel Raymond Pressley.
(TNI AU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar