Senin, 04 Mei 2009

Satgas JALA Yudha Akademi Angkatan Laut Tiba Di Tanah Air

5 Mei 2009, Surabaya -- Setelah melaksanakan pelayaran selama kurang lebih satu bulan lamanya, dengan route pangkalan Surabaya, Batam, Bandarsribegawan (Brunei Darussalam), Kinabalu (Malaysia), Bitung, Makassar, pangkalan Surabaya, 196 kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) satu, taruna Akademi militer (Akmil), satu karbol Akademi Angkatan Udara (AAU), yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) Jala Yudha tiba di tanah air. Kedatangan Satgas Jala Yudha ini diterima langsung oleh Gubernur AAL Laksda TNI Moch. Jurianto, S.E. dengan upacara militer di lapangan Banda AAL, Bumimoro, Surabaya.

Satgas yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Dores Afrianto Ardi ini menggunakan KRI Kihadjar Dewantara (KRI KDA–364) dan KRI Teluk Ende (KRI TLE-517) kembali merapat di pangkalan Surabaya setelah berhasil menaklukkan ganasnya ombak perairan Laut Jawa, Selat Karimata, Selat Riau, Selat Singapore, Laut Natuna, Laut China Selatan, Teluk Brunei, Selat Balabak, Laut Sulu, Laut Sulawesi dan Selat Makassar.

Kegiatan selama lintas laut kadet AAL melaksanakan praktek profesi dasar matra laut dan latihan peran serta jaga laut secara bergiliran, dan pelabuhan yang disinggahi melaksanakan courtesy call (kunjungan kehormatan) ke pejabat setempat, mengadakan pertandingan olah raga persahabatan dengan masyarakat setempat, menampilkan kesenian, promosi kadet AAL, kirab kota/genderang seruling, dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengunjungi dan naik ke kapal perang

Setelah melaksanakan kegiatan latihan ini para kadet AAL dianggap telah berhasil memperoleh bekal yang cukup tentang pengetahuan dinas dalam di kapal, pendalaman tugas dan profesi masing-masing korps, termasuk pengoperasian sistem yang ada di kapal perang seperti sistem sensor dan sistem penggerak pokok, sistem kesenjataan, sistem elektronika, platform dan power plant, administrasi dan pembekalan, taktik dan teknik operasi laut serta pendaratan amfibi, ujar Gubernur AAL Laksda TNI Moch. Jurianto, S.E.

Orang nomor satu di AAL ini mengucapkan selamat dan rasa bangga kepada para kadet AAL yang telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan latihan Jala Yudha ini dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan rencana. “Saya berharap kalian dapat mengambil manfaat dari kegiatan pelayaran ini baik aspek akademik, mental kepribadian dan kesamaptaan jasmani. Perlu dipahami bahwa bekal latihan yang telah didapat, masih terbuka kesempatan untuk dikembangkan dalam latihan-latihan selanjutnya di masa mendatang, karena latihan ini merupakan bekal awal dalam melaksanakan tugas di kemudian hari,” harap Laksda TNI Moch. Jurianto, S.E.
(Bagpen AAL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar