Jumat, 24 Juni 2011

RI Ikuti BFR di Brunei

KRI Banjarmasin-592 kapal perang jenis LPD dibuat galangan kapal dalam negeri PT. PAL.

24 Juni 2011, Jakarta (Jurnas.com): TNI Angkatan Laut akan mengikuti Brunei Darussalam Fleet Review (BFR) 2011. 403 personel, dua kapal perang produksi industri pertahanan dalam negeri yaitu KRI Banjarmasin-592 dan KRI Lemadang-632 serta sebuah helikopter jenis Bolkow akan dikirimkan untuk mengikuti acara pada 6-8 Juli 2011 mendatang di Brunei Darussalam.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Muda Tri Prasodjo dalam siaran pers yang diterima Jurnal Nasional pada Jumat (25/6), kegiatan ini merupakan rangkaian acara memperingati ulang tahun emas Angkatan Bersenjata Brunei.

Menurutnya, selain kegiatan fleet review atau parade kapal perang, delegasi TNI AL juga akan melakukan kirab kota, open ships (membuka kunjungan bagi masyarakat ke kapal) , dancourtesy call (kunjungan kehormatan ke sejumlah pejabat setempat).

Disamping mengirimkan unsur KRI, tambah Kadispenal, TNI AL juga akan turut berpartisipasi dalam pameran pertahanan Brunei Darussalam International Defence Exhibition (BRIDEX) sebagai ajang untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara kedua Angkatan Laut yang sudah terjalin selama ini, dan juga sebagai show of force Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI AL yang diproduksi sendiri oleh Indonesia. Brunei Darussalam International Defence Exhibition (BRIDEX merupakan pameran yang dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun emas Angkatan Bersenjata Kerajaan Brunei.

Kegiatan BRIDEX 2011 diselenggarakan oleh Royal Brunei Tecnis Services (RBTS) yang ditunjuk oleh Departemen Pertahanan Brunei Darussalam. RBTS merupakan salah satu operator industri pertahanan yang cukup terkenal di Brunei Darussalam yang mempunyai peran sangat besar dalam penyediaan dukungan teknik dan logistik untuk sistem peralatan yang berkaitan dengan kendaraan, kapal, pesawat, elektronik, IT, komunikasi, senjata, keamanan, simulasi pengawasan dan pelatihan.

Kadispenal juga menjelasakan bahwa dalam pameran BRIDEX 2011 ini TNI AL akan menampilkan beberapa persenjataan dan material pertahanan produk industri pertahanan dalam negeri, serta material pameran dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Industri Pertahanan Non Alutsista (IPNAS). Selain itu Satgas TNI AL juga

mengikutsertakan Tim Drum Band Genderang Suling Gita Jala Taruna Kadet AAL dan Tim Orkestra TNI AL untuk tampil memeriahkan perhelatan di negara Brunei Darussalam tersebut.

Komandan Satgas kegiatan ini adalah Letkol Laut (P) Eko Jokowiyono yang juga merangkap selaku Komandan KRI Banjarmasin-592.

Sumber: Jurnas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar